• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Open-Ended Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kesehatan di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    MUHAMMAD AZHARI RYAN KUSUMA.odt (457.9Kb)
    Date
    2016
    Author
    M Azhari Ryan Kusuma, Yayuk Mardiati, Chumi Zahroul Fitriyah
    M Azhari Ryan Kusuma
    Yayuk Mardiati
    Chumi Zahroul Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan mata pelajaran IPS di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu, mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan yang paling utama mengembangkan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Dalam pembelajaran IPS guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan pada pelaksanaan kurikulum KTSP. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan sempel penelitian berjumlah 81 siswa. Adapun tempat penelitian ditentukan secara sengaja yaitu di SDN Kepatihan 06 Jember pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi.pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model open-ended learning berbantuan media gambar dilaksanakan selama 10 hari, sejak tanggal 23 November sampai 2 Desember 2015. Menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui seragam (homogen) tidaknya tingkat kemampuan awal siswa. Hasil penelitian menunjukkan harga yaitu t hitung= 3,425, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan db = 79 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga t tabel= 1,994. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,425 > 1,994, dengan demikian hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Menurut hasil analisis tersebut maka ada pengaruh yang signifikan penerapan model open-ended learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76154
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository