Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial SDN 2 Bulurejo Banyuwangi
View/ Open
Date
2016Author
Widyaning Tyastutik
Muhtadi Irvan
Yayuk Mardiati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial SDN 2 Bulurejo Banyuwangi. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi model yang digunakan guru dalam pembelajaran. Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang menyajikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari kemudian mencarikan solusi atas permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 53,65% yang dikriteriakan cukup aktif dan meningkat menjadi 70,21% yang dikriteriakn aktif pada siklus I dan 85,83% yang dikriteriakan sangat aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65% yang dikriteriakan cukup baik dan meningkat menjadi 74,67% yang dikriteriakan baik pada siklus I dan 82,87% yang dikriteriakan sangat baik pada siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]