Browsing SRA-Education by Author "Rahayu"
Now showing items 1-20 of 31
-
Penerapan Media Pembelajaran Buku Komik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPS Tema Lingkungan Pokok Bahasan Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan di SDN Tamanbaru Banyuwangi
Nina Kurnia Dewi; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanbaru Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS dengan tema lingkungan pokok bahasan mengenal jenis-jenis pekerjaan di ... -
Penerapan Media Video untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Tema Permainan Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sejarah Uang pada Siswa Kelas III SDN Jatisari 01 Tempeh Lumajang
Yusi Meilyawati; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatisari ... -
Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di SDN Ngadiluwih 02 Kediri
Zulfa Nailur Rohmah; Chumi Zahroul F; Rahayu (UNEJ, 2015)Kegiatan pembelajaran IPS di SDN Ngadiluwih 02 Kediri belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Menurut hasil observasi prasiklus diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa belum termasuk dalam kriteria ... -
Penerapan Metode Course Review Horay dengan Menggunakan
Intan Kusuma Nagari, Nagari; Chumi Zahroul Fitriyah, Fitriyah; Rahayu (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Kebaman Banyuwangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Course Review Horay dengan menggunakan multimedia Adobe Flash untuk meningkatkan aktivitas dan hasil ... -
Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi di SDN Kepatihan 06 Jember
Wahyu Hastuti, Dwi; Rahayu; Zahroul Fitriyah, Chumi (UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui penerapan metode inkuiri. Hal ini dikarenakan di kelas ... -
Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jember
Tituk Handayani; Rahayu; Sihono (UNEJ, 2012)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi ... -
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI SDN ARJASA 02 SUKOWONO JEMBER
Fajar Farhadi NR; Umar HM Saleh; Rahayu (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode problem solving dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam ... -
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI SDN MANGLIWETAN 1 BONDOWOSO
Aini, Qurratu; Rahayu; Zahroul Fitriyah, Chumi (UNEJ, 2013)Penelitian ini dilakukan di SDN Mangliwetan 1 Bondowoso. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 26 siswa, 10 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode problem ... -
Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang
Sinanglingtyas, Rahayu; Muchtar, Imam; Rahayu (UNEJ, 2013)Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang. Secara umum masalah yang ... -
Penerapan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Pergerakan Nasional dan Sumpah Pemuda di SDN Antirogo 04 Jember
Yonika; Rahayu; Chumi Zahroul (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Antirogo 04 Jember semester II tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan pergerakan nasional dan sumpah pemuda melalui model ... -
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan permasalahan sosial di SDN Tegal Gede 01 Jember
Siti Khotimah; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terdiri dari 5 tahap yaitu tahap 1 Orientasi siswa pada masalah, tahap 2 Mengorganisasi siswa untuk belajar , tahap 3 Membimbing penyelidikan individual mau pun kelompok, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peran Anggota Keluarga di SDN Kencong 03 Jember
Dewi Lestari; Rahayu; Sihono (UNEJ, 2016)Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di
Prilly Ariestiya Rusnawati; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kaliwining 06 Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah-Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat Di SDN Tegalgede 03 Jember
Risa Dwi Naila Rizqi; Nanik Yuliati; Rahayu (UNEJ, 2016)Berdasarkan hasil observasi awal tentang pembelajaran IPS diketahui bahwa metode pembelajaran IPS yang dilakukan masih belum optimal. Guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan serta belum menggunakan model ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB Tema Cita-citaku di SDN Kebonsari 01 Jember
Enis Ardiawati; Imam Muchtar; Rahayu (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Tema Cita-citaku. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember
Maylita Dwi Lailawati; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui media gambar pada ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Tema Organ TubuhManusia dan Hewan di SD Muhammadiyah 1 Jember
Roviqotul Tri Mashuda; Imam Muchtar; Rahayu (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) tema organ ... -
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Lingkungan Alam di SDN Sumbersari 02 Jember
Nurul Ipmawati; Rahayu; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari 02 Jember mata pelajaran PKn. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab. ... -
Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Kegiatan Ekonomi di SDN Pocangan 1 Jember
Novika Purnamasari; Rahayu; Chumi Zahroul F (UNEJ, 2016)Model pembelajaran berbasis proyek lebih memusatkan pada masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi siswa dalam merancang sebuah ... -
PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Noviantika Yuanis; Imam Muchtar; Rahayu (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas yang cukup aktif dan hasil belajar siswa yang cukup/sedang pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ...