• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peran Anggota Keluarga di SDN Kencong 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    DEWI LESTARI.odt (315.5Kb)
    Date
    2016
    Author
    Dewi Lestari
    Rahayu
    Sihono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada ditangan mereka, proses pembelajaran lebih menarik dan siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match mata pelajaran IPS pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kenocng 03 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian terdiri dari 20 siswa, yaitu terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Kenocng 03 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN Kencong 03 meningkat. Motivasi belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 54% (kriteria cukup) meningkat pada Siklus I sebesar 71,25% (kriteria tinggi) dan meningkat lagi pada Siklus II sebesar 82,25% (kriteria tinggi). Hasil belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 67,15 dengan kriteria hasil belajar cukup meningkat menjadi 77,40 dengan kriteria hasil belajar baik pada Siklus I, meningkat lagi menjadi 81,90 dengan kritria hasil belajar sangat baikpada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kencong 03 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74332
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository