Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peran Anggota Keluarga di SDN Kencong 03 Jember
Abstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada ditangan mereka, proses pembelajaran lebih menarik dan siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match mata pelajaran IPS pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kenocng 03 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian terdiri dari 20 siswa, yaitu terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Kenocng 03 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN Kencong 03 meningkat. Motivasi belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 54% (kriteria cukup) meningkat pada Siklus I sebesar 71,25% (kriteria tinggi) dan meningkat lagi pada Siklus II sebesar 82,25% (kriteria tinggi). Hasil belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 67,15 dengan kriteria hasil belajar cukup meningkat menjadi 77,40 dengan kriteria hasil belajar baik pada Siklus I, meningkat lagi menjadi 81,90 dengan kritria hasil belajar sangat baikpada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kencong 03 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]