• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV  DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI SDN ARJASA 02 SUKOWONO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    FAJAR FARHADI NR.pdf (256.0Kb)
    Date
    2015
    Author
    Fajar Farhadi NR
    Umar HM Saleh
    Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode problem solving dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang bersemangat dalam megikuti pelajaran. Siswa cenderung bersikap pasif, enggan untuk bertanya apabila ada kesulitan dan hasil belajar siswa kelas IV masih tergolong rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 18 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode problem solving selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember. Pada siklus I persentase siswa yang sangat aktif sebesar 11% kemudian mengalami peningkatan sebesar 11% menjadi 22% pada siklus II. Siswa yang aktif pada tindakan siklus I sebesar 22% dan mengalami peningkatan sebesar 6% pada tindakan siklus II menjadi 28%.  Siswa yang cukup aktif sebesar 28% pada siklus I tidak mengalami perubahan siklus II.  Siswa yang yang kurang aktif pada siklus I sebesar 17% dan mengalami penurunan pada tindakan siklus II menjadi 11%.  Siswa yang sangat kurang aktif pada siklus I sebesar 22 % dan mengalami penurunan pada tindakan siklus II menjadi 11%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I 61% dengan kategori baik dan pada siklus II menjadi 81 % dengan kategori baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan metode problem solving dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah social di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63566
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository