Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Tema Organ TubuhManusia dan Hewan di SD Muhammadiyah 1 Jember
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) tema organ tubuh manusia dan hewan. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa aktivitas terkategori cukup/sedang dan hasil belajar tergolong kurang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 38 siswa kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan subtema Tubuh Manusia Pembelajaran 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Sahe (TPS), aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Muhammadiyah 1 Jember meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Skor aktivitas belajar siswa pada kegiatan prasiklus 57,10% (cukup), siklus I 71,05% (aktif), dan siklus II 81,84% (sangat aktif). Hasil belajar pra siklus memperoleh 59,31% kategori kurang, meningkat pada siklus I sebesar 79,5% kategori baik, dan siklus II sebesar 88,55%. Penilaian keterampilan pada prasiklus sebesar 63% kategori sedang/cukup, meningkat pada siklus I sebesar 77,94% kategori baik, dan siklus II sebesar 80,97 % kategori sangat baik. Penilaian Sikap mengalami peningkatan pada pra siklus sebesar 63% dengan kategori sedang atau cukup,meningkat pada siklus I sebesar 76,6% kategori baik dan siklus II sebesar 84,18 kategori sangat baik.
Collections
- SRA-Education [1352]