Browsing SRA-Education by Author "Hobri"
Now showing items 1-20 of 31
-
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Fitra Rizki Azizah; Hobri; Arika Indah K (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-H SMP Negeri 7 Jember berdasarkan tingkatan pada taksonomi SOLO pada sub pokok bahasan balok. Penelitian ini merupakan ... -
ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON DALAM MENYELESAIKAN
Tristian Febriana Nilasari; Hobri; Nurcholif Diah Sri Lestari (UNEJ, 2014)Kenyataan yang menunjukkan bahwa siswa masih sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal sehingga mereka melakukan kesalahan dalam menjawab. Kesalahan siswa sering tidak ditindaklanjuti dengan melihat penyebab ... -
Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember
Karina Siti Putrianingsih; Hobri; Toto' Bara Setiawan (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan SPLDV. Penelitian ini ... -
Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat
Rhofy Nur K; Hobri; Dian (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan budaya suku Madura di Situbondo yang berkaitan dengan matematika serta mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika suku Madura di Situbondo pada aktivitas membilang. ... -
Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel Di Kelas VII H Semester Ganjil SMPN 7 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
M. Syaifurrizal; Hobri; Susi Setiawani (UNEJ, 2016)Model pembelajaran berbasis masalah atau dikenal dengan Problem Based Instruction (PBI) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa dalam proses menemukan dan juga ... -
Identifikasi Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII-E
Linda Kusumawardani; Hobri; Arif Fatahillah (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berpikir kritis siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Jember dengan kemampuan pemecahan masalah matematika sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah pada pokok ... -
Karakteristik Intuisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender Sub Pokok Bahasan Persegipanjang Kelas VIII C SMP Negeri 7 Jember
Maulfi Aida Nur Fitri; Hobri; Toto' Bara Setiawan (UNEJ, 2016)Penelitian ini menganalisa karakteristik intuisi siswa dalam pemecahan masalah matematika berbasis teori Polya sub pokok bahasan persegipanjang ditinjau dari perbedaan gender berdasarkan indikator karakteristik intuisi ... -
Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember
Lizza Ulfa Fauziah; Hobri; Ervin Oktavianingtyas (UNEJ, 2016)Penelitian ini berhubungan dengan Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penalaran logis ... -
Penerapan Cooperative Learning Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Kelas VII G Di SMPN 7 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
Tedy Dwi Ariyanto; Hobri; Susi Setiawani (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII G SMPN 7 Jember dengan tujuan meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe scramble. Pembelajaran kooperatif tipe scramble ini menggunakan kartu soal ... -
Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningktakan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri 3 Panji Tahun Ajaran 2013/2014
M. Agung Krisna W.; Hobri; Dian Kurniati (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ... -
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2013/2014
Eka Cahya Lestari, Lestari; Hobri; Arika Indah Kristian, Kristian (UNEJ, 2014)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan model Learning Cycle 5E dengan metode pemberian tugas dan resitasi. Jenis penelitian ini adalah ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 KREMBUNG SIDOARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014
Hannaning Septiana Putri, Putri; Hobri; Nurcholif Diah Sri Lestari, Lestari (UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada sub pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Pembelajaran ini menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri. ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII G
Muhammad Ziyad Falahi; Titik Sugiarti; Hobri (UNEJ, 2014)Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan belajar dalam aplikasi studi kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMPN 7 Jember. ... -
Penerepan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar
Siska Rahayu; Hobri; Arika Indah K (UNEJ, 2015)Model pembelajaran berbasis masalah atau dikenal dengan Problem Based Learning (PBL) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa dalam proses menemukan dan juga ... -
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Perbandingan dan Skala Berbasis Scientific Approach yang Berorientasi
Dhika Elvira Maylistiyana; Hobri; Susanto (UNEJ, 2016)Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi perbandingan dan skala berbasis Scientific Approach berorientasi Problem Based Learning yang ... -
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Pythagoras Berbasis Scientific Approach Berorientasi Discovery Learning untuk Siswa Kelas VIII
Arina Hidayati; Hobri; Susanto (UNEJ, 2016)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berbasis scientific approach dan berorientasi pada discovery ... -
Pengembangan Media Online Latihan Soal Berbentuk WebsiteMenggunakan CMS Dupal Pada Latihan Soal Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs
Firdian Wahyu Rahmatulah, Rahmatulah; Dafik; Hobri (UNEJ, 2014)The goal of this research is create an easy access online National Examination training media for Junior High School created by Content Management system called Drupal. Media development model refers to four D models. The ... -
Pengembangan Paket Tes Berpikir Kreatif Matematis Tipe Problem Posing
M. Hapiz Yulia Saputra; Hobri; Arika Indah Kristiana (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan berupa kisi-kisi tes, paket tes, alternatif jawaban, rubrik penskoran, dan angket berpikir kreatif. Paket tes yang dikembangkan terdiri atas 2 ... -
Pengembangan Paket Tes Soal Terbuka (Open-Ended Problem) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan
Tathmainul Qulub; Hobri; Susi Setiawani (UNEJ, 2015)Abstrak Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penelitian yang berupa paket tes yang terdiri dari kisi-kisi tes, soal terbuka yang mencakup 4 kriteria berpikir kreatif yaitu ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach dengan Discovery Learning Terintegrasi HOTS Materi Pola Bilangan Kelas VII SMP
Weindy Pramita Ariandari; Hobri; Dafik (UNEJ, 2016)Pergantian Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan ilmiah atau scientific approach pada pelaksanaan pembelajaran di Indonesia saat ini menjadi salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas ...