• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    KARINA SITI PUTRIANINGSIH.pdf (324.8Kb)
    Date
    2015
    Author
    Karina Siti Putrianingsih
    Hobri
    Toto' Bara Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan SPLDV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA 2 yang mengikuti tes dan wawancara berdasarkan hasil analisis. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar siswa setelah mengerjakan tes soal cerita kemudian dianalisis untuk mengklasifikasikan tingkat kemampuan matematika sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah dan hasil wawancara untuk mengetahui kelengkapan keterampilan metakognisi yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Namun, berdasarkan hasil analisi data pada penelitian ini menghasilkan bahwa dari kelas X IPA 2 tidak ditemukan siswa dengan kemampuan matematika rendah. Berdasarkan kelengkapan dari keterampilan metakognisi siswa menghasilkan empat poin. Pertama, siswa berkemampuan matematika sangat tinggi mampu memenuhi semua keterampilan yaitu keterampilan perencanaan, keterampilan monitoring dan keterampilan evaluasi terkecuali keterampilan prediksi. Kedua, siswa yang berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi dua keterampilan yang meliputi keterampilan perencanaan dan keterampilan evaluasi namun tidak memenuhi keterampilan prediksi dan keterampilan monitoring. Ketiga, siswa berkemampuan matematika sedang hanya mampu memenuhi satu keterampilan saja yaitu keterampilan evaluasi dan tidak memenuhi ketiga keterampilan lainnya yaitu keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi dan keterampilan monitoring. Dan yang terakhir pada siswa berkemampuan matematika sangat rendah belum dapat memenuhi keempat keterampilan metakognisi tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63618
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN TEMPUREJO 06 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN TEMPUREJO 06 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN TEMPUREJO 06 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM 

      Robiatul Adawiyah (2013-09-19)
      Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran menyimak kurang mendapatkan perhatian akibat adanya asumsi bahwa keterampilan menyimak dengan sendirinya akan berkembang dari belajar berbicara saja. Akibatnya ...
    • PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SDN DUKUHDEMPOK 05 DALAM MENULIS CERITA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI 

      Shofia Lailatul Muharromah (2014-01-24)
      Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat aspek tersebut dalam proposal ini, penulis hanya memfokuskan pada aspek ...
    • Peningkatan Keterampilan Siswa Kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Wuluhan dalam menulis cerita melalui Pendekatan Keterampilan Menulis Cerita Berbantuan Media Gambar Seri; Shofia Lailatul Muharromah , 070210204332 

      Shofia Lailatul Muharromah (2014-01-23)
      Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat aspek tersebut dalam proposal ini, penulis hanya memfokuskan pada ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository