Show simple item record

dc.contributor.authorSOLAHUDIN AL AYUBI
dc.date.accessioned2014-01-23T02:53:45Z
dc.date.available2014-01-23T02:53:45Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210102096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21846
dc.description.abstractRendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran yang lebih berpusat pada guru dari pada berpusat kepada kemampuan siswa, sehingga siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Oleh karena itu perlu adanya alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengkaji apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP kelas VIII, dan (2) untuk mengkaji apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan randomized posttest only control group design. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area yaitu SMP Negeri 1 Rambipuji. Responden penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Data diambil dengan menggunakan metode angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua menggunakan uji t. Hasil analisis data untuk rumusan masalah yang pertama pada penelitian ini bahwa hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima, artinya bahwa rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata motivasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penilaian untuk ratarata skor motivasi belajar kelas eksperimen adalah 118,18 dan rata-rata skor untuk kelas kontrol adalah 107,51. Adapun rata-rat setiap indikator motivasi belajar siswa yaitu attention, relevance, confidence, dan satisfaction diperoleh data bahwa rata-rata setiap indikator motivasi pada kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata setiap indikator motivasi belajar di kelas kontrol. Rata-rata setiap indikator attention, relevance, confidence, dan satisfaction berturut-turut adalah (30,03), (29,82), (28,58), (29,76), dan untuk kelas kontrol berturut-turut adalah (25,46), (27,43), (26,51), (26,14). Hasil analisis data untuk rumusan masalah yang kedua pada penelitian ini bahwa hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima, artinya bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwa rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen adalah 73 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 65,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dengan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 1 Rambipuji kelas VIII, (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dengan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 1 Rambipuji kelas VIII.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102096;
dc.subjectPENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGANen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record