• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Analisis Kejadian Riil Lingkungan Desertai Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika di SMP (Studi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas VIII semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009)

    Thumbnail
    View/Open
    280_1-S.pdf (390.9Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Ninik Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Model Analisis Kejadian Riil Lingkungan Desertai Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika di SMP (Studi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas VIII semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009); Ninik Agustina, 040210102258; 2009:39 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penelitian ini menerapkan model analisis kejadian riil lingkungan disertai dengan metode eksperimen. Model analisis kejadian riil lingkungan disertai dengan metode eksperimen adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan obyek-obyek dan benda-benda yang diambilkan dari lingkungan sekitar sebagai bahan pengamatan dalam memahami konsep fisika. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan hasil belajar antara pembelajaran fisika yang menggunakan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran fisika yang menggunakan model konvensional?; (2)Adakah perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran model konvensional? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan hasil belajar antara pembelajaran fisika yang menggunakan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran fisika yang menggunakan model konvensional; (2) mengkaji perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran model konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Jember, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelompok siswa yang menerima pembelajaran fisika dengan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan kelas kontrol sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data meliputi vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisa data yang dilakukan yaitu; (1) uji beda rata-rata untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran fisika dengan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan model konvensional; (2) Uji kolmogorov-mirnov untuk mengetahui adanya perbedaan aktivitas belajar fisika siswa antara pembelajaran fisika dengan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan model konvensional . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran fisika yang menggunakan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran fisika yang menggunakan model konvensional; (2) ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran model konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24683
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository