dc.description.abstract | Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata pada PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero), Tbk Unit Kampus Cabang Jember maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
a. kegiatan korespondensi dalam Bank Rakyat Indonesia adalah pelaksanaan Administrasi
Tabungan Simpanan Pedesaan (Simpedes) meliputi dua macam kegiatan, kegiatan
tersebut antara lain meliputi :
1. melakukan penyetoran Tabungan Simpedes dapat dilakukan dengan cara :
a) nasabah membawa buku tabungan;
b) mengisi slip setoran;
c) setoran dapat dilakukan oleh pihak lain yang akan melakukan penyetoran;
d) menyerahkan bukti setoran yang sudah ditandatangani, buku tabungan dan
jumlah uang yang akan disetorkan pada Teller;
e) menerima dan meneliti kebenaran pengisian atau pencetakan pada buku
tabungan.
2. penarikan Tabungan Simpedes dapat dilakukan dengan cara :
a) nasabah membawa buku tabungan Simpedes, bila penarikan diwakilkan oleh
orang lain maka harus disertai dengan surat kuasa yang bermaterai dan foto
kopi identitas diri dari pihak yang diwakilkan;
b) mengisi slip penarikan yang sudah tersedia;
c) menyerahkan buku tabungan dan bukti penarikan yang telah ditandatangani
oleh Teller;
d) menerima dan meneliti kebenaran jumlah uang yang diterima dan pengisian
buku tabungan dan tanda bukti.
b. memasukkan data ke dalam buku register deposito berjangka ini merupakan pekerjaan
Customer Service untuk mencatat ke dalam buku register deposito berjangka yang
kemudian merekamya ke dalam komputer dengan format yang sama;
c. mengoreksi berkas atau formulir perkreditan nasabah, formulir diisi dengan lengkap
kemudian diserahkan kepada Customer Service untuk diperiksa kelengkapannya, bila
sudah lengkap berkas tersebut diserahkan kepada Mantri untuk ditandatangani kemudian
diserahkan kepada bagian arsip untuk disimpan di dalam lemari arsip;
d. mengarsip formulir permohonan pembukaan rekening baru, nasabah yang datang pada
PT. BRI dan akan membuka rekening tabungan baru terlebih dahulu mengisi data diri
untuk pembukaan rekening, setelah itu formulir tersebut diserahkan kepada customer
servise untuk dipisahkan dan dimasukkan ke dalam buku arsip, agar data nasabah tidak
hilang dan apabila diperlukan kembali dapat dicari dengan mudah.
e. memindahkan tunggakan nasabah pada buku register dilakukan oleh Mantri dengan
mencatat data nasabah yang mempunyai tunggakan macet kemudian dimasukkan ke
dalam buku register tunggakan;
Selain itu, tugas Mantri adalah memberantas tunggakan bagi nasabah yang angsurannya
macet dengan cara memeriksa tempat usaha nasabah, menagih angsuran pada nasabah
dan mengusulkan langkah- langkah menanggulangi angsuran yang macet. | en_US |