dc.description.abstract | P
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
d
i
l
a
t
a
r
b
e
l
a
k
a
n
g
i
o
l
e
h
k
e
n
y
a
t
a
a
n
b
a
h
w
a
d
a
l
a
m
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
p
a
d
a
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
K
a
b
u
p
a
t
e
n
S
i
t
u
b
o
n
d
o
,
m
a
s
i
h
d
i
t
e
m
u
k
a
n
b
a
n
y
a
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
.
H
a
l
t
e
r
s
e
b
u
t
d
i
s
e
b
a
b
k
a
n
o
l
e
h
k
o
m
p
e
t
e
n
s
i
g
u
r
u
S
e
k
o
l
a
h
D
a
s
a
r
y
a
n
g
k
u
r
a
n
g
m
e
n
g
u
a
s
a
i
k
a
i
d
a
h
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
y
a
n
g
b
a
i
k
d
a
n
b
e
n
a
r
.
K
e
s
a
l
a
h
a
n
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
,
a
n
t
a
r
a
l
a
i
n
:
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
e
j
a
a
n
d
a
n
t
a
n
d
a
b
a
c
a
,
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
d
a
n
p
e
n
u
l
i
s
a
n
k
a
t
a
,
s
e
r
t
a
k
a
l
i
m
a
t
y
a
n
g
s
e
h
a
r
u
s
n
y
a
d
i
t
u
l
i
s
m
e
n
g
g
u
n
a
k
a
n
k
a
l
i
m
a
t
y
a
n
g
e
f
e
k
t
i
f
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
k
e
l
a
s
3
,
k
e
l
a
s
4
d
a
n
k
e
l
a
s
5
.
B
e
r
d
a
s
a
r
k
a
n
l
a
t
a
r
b
e
l
a
k
a
n
g
t
e
r
s
e
b
u
t
p
e
r
m
a
s
a
l
a
h
a
n
d
a
l
a
m
p
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
,
y
a
i
t
u
:
(
1
)
b
a
g
a
i
m
a
n
a
k
a
h
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
e
j
a
a
n
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
?
,
(
2
)
b
a
g
a
i
m
a
n
a
k
a
h
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
d
a
n
p
e
n
u
l
i
s
a
n
k
a
t
a
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
?
,
(
3
)
b
a
g
a
i
m
a
n
a
k
a
h
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
k
a
l
i
m
a
t
y
a
n
g
t
i
d
a
k
e
f
e
k
t
i
f
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
?
,
(
4
)
f
a
k
t
o
r
f
a
k
t
o
r
a
p
a
k
a
h
y
a
n
g
m
e
m
e
n
g
a
r
u
h
i
k
e
s
a
l
a
h
a
n
d
a
l
a
m
p
e
n
u
l
i
s
a
n
s
o
a
l
U
K
K
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
d
i
k
a
b
u
p
a
t
e
n
S
i
t
u
b
o
n
d
o
?
.
B
e
r
d
a
s
a
r
k
a
n
r
u
m
u
s
a
n
m
a
s
a
l
a
h
t
e
r
s
e
b
u
t
t
u
j
u
a
n
y
a
n
g
h
e
n
d
a
k
d
i
c
a
p
a
i
d
a
l
a
m
p
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
a
d
a
l
a
h
:
(
1
)
m
e
n
d
e
s
k
r
i
p
s
i
k
a
n
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
e
j
a
a
n
/
t
a
n
d
a
b
a
c
a
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
,
(
2
)
m
e
n
d
e
s
k
r
i
p
s
i
k
a
n
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
d
a
n
p
e
n
u
l
i
s
a
n
k
a
t
a
y
a
n
g
t
i
d
a
k
t
e
p
a
t
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
,
x
i
v
(3) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kalimat yakni kalimat tidak
efektif dalam soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012,
(4) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam
soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis kesalahan berbahasa.
Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber datanya soal UKK bahasa
Indonesia kelas 3, 4 dan 5 SD. Data berupa kalimat pada soal yang diindikasikan
salah dalam penggunaan bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur
kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap
yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan dalam
soal UKK bahasa Indonesia pada kelas 3, 4 dan 5 di Kabupaten Situbondo meliputi;
(1) kesalahan ejaan dan tanda baca antara lain: kesalahan penulisan huruf kapital dan
huruf kecil, kesalahan penggunaan tanda baca titik, koma, dan petik, (2) kesalahan
penggunaan kata di antaranya: penggunaan kata tunjuk, menggunakan kata yang tidak
baku, kesalahan bentukan kata, menggunakan kata yang tidak lugas, kesalahan
penulisan kata, (3) kesalahan kalimat tidak efektif antara lain:ketidaksejajaran
kalimat, ketidaklogisan kalimat, ketidakhematan kalimat, serta ketidakvariasian
kalimat dalam soal, (4) Faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa
Indonesia antara lain: faktor kompetensi berupa pemahaman yang kurang terhadap
kaidah bahasa yang baik dan benar, adanya unsur kesengajaan membuat kalimat tidak
efektif, serta pengaruh bahasa daerah. Selain faktor kompetensi, terdapat faktor
performansi di antaranya: jadwal aktivitas penulis soal yang padat, pengaruh kondisi
lingkungan sekitar (cuaca, kondisi sosial), serta keadaan fisik yang kurang
mendukung dalam proses penyusunan dan pengetikan soal UKK (kelelahan, letih,
mengantuk).
xv
Adapun saran dalam penelitian ini: (1) bagi mahasiswa program studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, seharusnya banyak membaca buku
pedoman penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menambah
wawasan dan pengetahuan dengan harapan mampu menggunakan bahasa Indonesia
yang benar baik secara teori maupun praktik, (2) bagi tim penyusun soal, khususnya
guru bahasa Indonesia dan guru sekolah dasar sebaiknya menguasai kaidah penulisan
bahasa Indonesia yang baik dan benar agar tidak menimbulkan kesalahan-kesalahan
penggunaan bahasa, (3) bagi koordinator soal ujian UPTD Kabupaten Situbondo,
disarankan agar mempunyai tim korektor bahasa dalam memeriksa dan membetulkan
kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Indonesia terutama untuk penulisan bahasa
soal, (4) bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti kesalahan ejaan dan tanda baca,
penggunaan kata, dan kesalahan kalimat seharusnya membekali diri dengan
pengetahuan tentang kaidah bahasa Indonesia secara teori maupun praktik dan
sebaiknya mengadakan penelitian lebih mendalam berkaitan dengan kesalahan
penggunaan bahasa soal dengan kajian lebih luas. | en_US |