Pengembangan Media Kamus Berbentuk Pop-Up Tiga Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Madura Dan Bahasa Jawa) Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar DI Sdn Trotosari 01 Bondowoso
Abstract
Pengembangan media kamus berbentuk Pop-up tiga bahasa (bahasa
Madura, bahasa Jawa, dan bahasa Indonesia) ada tiga tahap pengembangan yang
dilakukan dalam penelitian ini yaitu, (1) Tahap pendefinisian (define), tahap
pendefinisian adalah menetapkan dan medefinisikan pembelajran dengan
menganalisi tujuan dan batasan materi. Pada tahap ini yang dilakukan peneliti
adalah menganalisis karakter siswa didasarkan pada usia siswa kelas I. (2) Tahap
kedua yaitu perancangan (design) media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan
dakam tahap perancangan. Pertama, pemilihan media ditujukan untuk
menyesuaikan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa agar tujuan pembelajaran
tercapai. Media yang digunakan peneliti yaitu kamus bebrbentuk Pop-up yang
dikembangkan. Alasan pemilihan media ini karena sifat siswa yang suka dengan
gambar dan warna yang menarik. (3) Tahap pengembangan (develop),pada tahap
ini ada dua langkah yang harus dilakukan yang pertama adalah Penilaian para ahli
melalui validasi digunakan sebagai dasar revisi media yang dikembangkan.
Kemudian, dilakukan ujicoba lapangan dilakukan untuk memperoleh masukan
secara langsung dari lapangan terhadap media yang dikembangkan. (4) tahap
penyebaran (dessminate), penyebaran dilakukan dengan cara membagikan produk
pada guru kelas dan perpustakaan sekolah.