ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SOAL UKK SD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN 2011/ 2012 KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
P
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
d
i
l
a
t
a
r
b
e
l
a
k
a
n
g
i
o
l
e
h
k
e
n
y
a
t
a
a
n
b
a
h
w
a
d
a
l
a
m
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
p
a
d
a
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
K
a
b
u
p
a
t
e
n
S
i
t
u
b
o
n
d
o
,
m
a
s
i
h
d
i
t
e
m
u
k
a
n
b
a
n
y
a
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
.
H
a
l
t
e
r
s
e
b
u
t
d
i
s
e
b
a
b
k
a
n
o
l
e
h
k
o
m
p
e
t
e
n
s
i
g
u
r
u
S
e
k
o
l
a
h
D
a
s
a
r
y
a
n
g
k
u
r
a
n
g
m
e
n
g
u
a
s
a
i
k
a
i
d
a
h
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
y
a
n
g
b
a
i
k
d
a
n
b
e
n
a
r
.
K
e
s
a
l
a
h
a
n
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
,
a
n
t
a
r
a
l
a
i
n
:
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
e
j
a
a
n
d
a
n
t
a
n
d
a
b
a
c
a
,
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
d
a
n
p
e
n
u
l
i
s
a
n
k
a
t
a
,
s
e
r
t
a
k
a
l
i
m
a
t
y
a
n
g
s
e
h
a
r
u
s
n
y
a
d
i
t
u
l
i
s
m
e
n
g
g
u
n
a
k
a
n
k
a
l
i
m
a
t
y
a
n
g
e
f
e
k
t
i
f
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
k
e
l
a
s
3
,
k
e
l
a
s
4
d
a
n
k
e
l
a
s
5
.
B
e
r
d
a
s
a
r
k
a
n
l
a
t
a
r
b
e
l
a
k
a
n
g
t
e
r
s
e
b
u
t
p
e
r
m
a
s
a
l
a
h
a
n
d
a
l
a
m
p
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
,
y
a
i
t
u
:
(
1
)
b
a
g
a
i
m
a
n
a
k
a
h
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
e
j
a
a
n
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
?
,
(
2
)
b
a
g
a
i
m
a
n
a
k
a
h
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
d
a
n
p
e
n
u
l
i
s
a
n
k
a
t
a
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
?
,
(
3
)
b
a
g
a
i
m
a
n
a
k
a
h
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
k
a
l
i
m
a
t
y
a
n
g
t
i
d
a
k
e
f
e
k
t
i
f
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
S
D
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
?
,
(
4
)
f
a
k
t
o
r
f
a
k
t
o
r
a
p
a
k
a
h
y
a
n
g
m
e
m
e
n
g
a
r
u
h
i
k
e
s
a
l
a
h
a
n
d
a
l
a
m
p
e
n
u
l
i
s
a
n
s
o
a
l
U
K
K
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
d
i
k
a
b
u
p
a
t
e
n
S
i
t
u
b
o
n
d
o
?
.
B
e
r
d
a
s
a
r
k
a
n
r
u
m
u
s
a
n
m
a
s
a
l
a
h
t
e
r
s
e
b
u
t
t
u
j
u
a
n
y
a
n
g
h
e
n
d
a
k
d
i
c
a
p
a
i
d
a
l
a
m
p
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
a
d
a
l
a
h
:
(
1
)
m
e
n
d
e
s
k
r
i
p
s
i
k
a
n
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
e
j
a
a
n
/
t
a
n
d
a
b
a
c
a
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
,
(
2
)
m
e
n
d
e
s
k
r
i
p
s
i
k
a
n
b
e
n
t
u
k
k
e
s
a
l
a
h
a
n
p
e
n
g
g
u
n
a
a
n
d
a
n
p
e
n
u
l
i
s
a
n
k
a
t
a
y
a
n
g
t
i
d
a
k
t
e
p
a
t
d
a
l
a
m
s
o
a
l
U
K
K
m
a
t
a
p
e
l
a
j
a
r
a
n
b
a
h
a
s
a
I
n
d
o
n
e
s
i
a
t
a
h
u
n
p
e
l
a
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
,
x
i
v
(3) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kalimat yakni kalimat tidak
efektif dalam soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012,
(4) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam
soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis kesalahan berbahasa.
Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber datanya soal UKK bahasa
Indonesia kelas 3, 4 dan 5 SD. Data berupa kalimat pada soal yang diindikasikan
salah dalam penggunaan bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur
kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap
yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan dalam
soal UKK bahasa Indonesia pada kelas 3, 4 dan 5 di Kabupaten Situbondo meliputi;
(1) kesalahan ejaan dan tanda baca antara lain: kesalahan penulisan huruf kapital dan
huruf kecil, kesalahan penggunaan tanda baca titik, koma, dan petik, (2) kesalahan
penggunaan kata di antaranya: penggunaan kata tunjuk, menggunakan kata yang tidak
baku, kesalahan bentukan kata, menggunakan kata yang tidak lugas, kesalahan
penulisan kata, (3) kesalahan kalimat tidak efektif antara lain:ketidaksejajaran
kalimat, ketidaklogisan kalimat, ketidakhematan kalimat, serta ketidakvariasian
kalimat dalam soal, (4) Faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa
Indonesia antara lain: faktor kompetensi berupa pemahaman yang kurang terhadap
kaidah bahasa yang baik dan benar, adanya unsur kesengajaan membuat kalimat tidak
efektif, serta pengaruh bahasa daerah. Selain faktor kompetensi, terdapat faktor
performansi di antaranya: jadwal aktivitas penulis soal yang padat, pengaruh kondisi
lingkungan sekitar (cuaca, kondisi sosial), serta keadaan fisik yang kurang
mendukung dalam proses penyusunan dan pengetikan soal UKK (kelelahan, letih,
mengantuk).
xv
Adapun saran dalam penelitian ini: (1) bagi mahasiswa program studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, seharusnya banyak membaca buku
pedoman penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menambah
wawasan dan pengetahuan dengan harapan mampu menggunakan bahasa Indonesia
yang benar baik secara teori maupun praktik, (2) bagi tim penyusun soal, khususnya
guru bahasa Indonesia dan guru sekolah dasar sebaiknya menguasai kaidah penulisan
bahasa Indonesia yang baik dan benar agar tidak menimbulkan kesalahan-kesalahan
penggunaan bahasa, (3) bagi koordinator soal ujian UPTD Kabupaten Situbondo,
disarankan agar mempunyai tim korektor bahasa dalam memeriksa dan membetulkan
kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Indonesia terutama untuk penulisan bahasa
soal, (4) bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti kesalahan ejaan dan tanda baca,
penggunaan kata, dan kesalahan kalimat seharusnya membekali diri dengan
pengetahuan tentang kaidah bahasa Indonesia secara teori maupun praktik dan
sebaiknya mengadakan penelitian lebih mendalam berkaitan dengan kesalahan
penggunaan bahasa soal dengan kajian lebih luas.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Kajian diksi dan gaya bahasa pada ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri Berbahasa Indonesia melalui SMS ini, dimaksudkan untuk menganalisis lebih dalam isi ucapan tersebut. Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri melalui kartu ucapan kini mulai tergusur karena kemajuan teknologi, salah satunya ditandai dengan keberadaan telepon seluler (ponsel). Fitur SMS pada pengguna ponsel banyak digemari karena biaya beban yang dikenakan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kartu ucapan. Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Indonesia melalui SMS memiliki ciri khas yakni kaya akan pilihan kata. Penggunaan gaya bahasa pada ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Indonesia melalui SMS dimaksudkan untuk memberikan efek keindahan sehingga berhasil menggugah hati si penerima ucapan. Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini (1) bagaimanakah penggunaan diksi yang terdapat pada ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Indonesia melalui SMS, (2) bagaimanakah gaya bahasa yang terdapat pada ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Indonesia melalui SMS. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) penggunaan diksi yang terdapat pada ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Indonesia melalui SMS, (2) penggunaan gaya bahasa yang terdapat pada ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berbahasa Indonesia melalui SMS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian diskriptif. Data penelitian ini berupa kata, frasa atau kalimat
Diana Martias Iriani (2014-01-29)Konflik tanah yang berawal dari proses pembebasan tanah oleh KKO (TNIAL) pada tahun 1960 – 1963 masih menyisahkan masalah. Dalam proses pembebasan tanah diwarnai dengan adanya intimidasi dan kekerasan yang ... -
TINDAK ILOKUSI PADA IKLAN RADIO PROSALINA TINDAK ILOKUSI PADA IKLAN RADIO PROSALINA DAN PEMANFAATANNYA TINDAK ILOKUSI PADA IKLAN RADIO PROSALINA JEMBER SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA
Devy Jayanti Kartika Sari (2013-12-12)Tindak ilokusi adalah tindak tutur yang mempunyai maksud, berfungsi menginformasikan dan melakukan sesuatu. Tindak ilokusi merupakan inti dari dua jenis tindak tutur yang lain karena pokok bahasan dalam tindak ini ... -
Pengembangan Media Kamus Berbentuk Pop-Up Tiga Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Madura Dan Bahasa Jawa) Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar DI Sdn Trotosari 01 Bondowoso
MASNIYAH (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-04-04)Pengembangan media kamus berbentuk Pop-up tiga bahasa (bahasa Madura, bahasa Jawa, dan bahasa Indonesia) ada tiga tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, (1) Tahap pendefinisian (define), ...