Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 12924-12943 of 15435
-
Peningkatan Keterampilan Menyusun Laporan Keuangan Anggota UMKM Mawar Indah di Kabupaten Lumajang Menggunakan Aplikasi "Akuntansiku"
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-09-05)Laporan keuangan menjadi aspek penting bagi pertumbuhan suatu usaha, termasuk pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Fenomena yang terjadi di lapangan, pelaku UMKM belum memiliki keterampilan dalam menyusun laporan ... -
Peningkatan Keterampilan Menyusun Laporan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi “Akuntansi UKM” pada Usaha Mikro Bidang Usaha Ritel di Kec. Sumbersari Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-06-14)Usaha Ritel binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember sejumlah 10 unit usaha telah menyusun laporan keuangan secara manual. Akan tetapi, dalam penyusunan laporan keuangan seringkali terdapat kekeliruan dan ... -
Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Metode Demonstrasi Kegiatan Menggulung Kertas Kokoru Pada Anak Kelompok B3 Di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-08-14)Kemampuan motorik halus merupakan kemampuan menggerakkan otot-otot kecil pada bagian tubuh tertentu seperti keterampilan menggunakan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan, dalam gerakan motorik halus tidak ... -
Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Menjiplak Pada Anak Kelompok 1 Di Tk Ilmu Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-10-16)Pembelajaran motorik halus merupakan pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi antara mata dan tangan. Pengembangan motorik halus paling sering mengacu pada penggunaan ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
(2016-11-18)Keterampilan motorik kasar anak adalah keterampilan menggerakkan otototot besar yang ada pada tubuh, motorik kasar merupakan keterampilan yang harus di kembangkan karena motorik kasar membantu daya tahan tubuh anak dari ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI (Sub Materi Pokok Organ dan Sistem Organ Kelas VIIC Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso)
(2016-01-25)Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang kurang tepat khususnya pada siswa kelas VIIC di SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso. Terbukti dengan rendahnya rata – rata perolehan nilai ulangan ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR, HASIL BELAJAR, DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR D ENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD
(2018-03-08)Pendidikan merupakan kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia, dengan pendidikan manusia berusaha mengembangkan potensi yang dimilikinya, mengubah tingkah laku ke arah yang lebih baik. -
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE EKSPERIMEN SEDERHANA DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MA’ARIF KALISAT JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
(2016-08-09)Pengembangan sains permulaan merupakan kemampuan yang berhubungan dengan berbagai percobaan atau demonstrasi. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang diperlukan untuk memperoleh, mengembangkan, dan ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT PADA SISWA KELAS X D MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
(2013-12-05)Berdasarkan pemasalahan pembelajaran dalam kelas X D disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah: 1) metode yang sering diterapkan selama kegiatan belajar mengajar adalah ceramah dan pemberian tugas, 2) hasil ... -
Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Fenomena Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 8 Jember Tahun Ajaran 2012/2013
(2013-12-24)Beredasarkan pemasalahan pembelajaran yang ada dalam kelas VII D disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah: 1) metode yang sering diterapkan selama kegiatan belajar mengajar adalah ceramah dan pemberian tugas, ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI MADRASAH TSANAWIYAH BANGSALSARI JEMBER KELAS VIII C SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015-2016
(2016-08-10)Hasil observasi awal di Madrasah Tsanawiyah Bangsalsari Jember Kelas VIII, ditemukan adanya kemampuan akademik skill siswa yang masih memerlukan peningkatan. Berdasarkan data observasi dari ulangan harian kelas VIII C ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INKUIRI BERBASIS FENOMENA PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 8 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
(2013-12-27)Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Jember tahun ajaran 2012/2013. Pelaksanaan ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SDN DUKUHDEMPOK 05 DALAM MENULIS CERITA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI
(2014-01-24)Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat aspek tersebut dalam proposal ini, penulis hanya memfokuskan pada aspek ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SDN DUKUHDEMPOK 05 DALAM MENULIS CERITA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI
(2013-12-14)Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat aspek tersebut dalam proposal ini, penulis hanya memfokuskan pada ... -
Peningkatan Keterampilan Siswa Kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Wuluhan dalam menulis cerita melalui Pendekatan Keterampilan Menulis Cerita Berbantuan Media Gambar Seri; Shofia Lailatul Muharromah , 070210204332
(2014-01-23)Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat aspek tersebut dalam proposal ini, penulis hanya memfokuskan pada ... -
PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN PERAN DI TK DHARMA INDRIA 1 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-09)Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan kegiatan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan ... -
Peningkatan Ketrampilan Berbicara Siswa Melalui Bermain Peran Pada Siswa Kelas 3B SLTP Negeri I Silo Tahun Pelajaran 2001/2002
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2002-08-01)Data diambil dari 40 siswa Kelas 3B SLTP Negeri 1 Silo Jember Seluruh siswa dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 8 siswa Usaha penylesaian masalah diawali dengan penyusunan rancangan penelitian, ... -
Peningkatan ketrampilan berbicara siswa melalui bermain peran pada siswa kelas 3B SLTP Negeri I Silo Tahun Pelajaran 2001/2002.
(2017-09-07)Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya adalah bagaimana hasil peningkatan ketrampilan berbicara siswa dengan metode bermain peran .Aspek aspek ketrampilan berbicara yang ditingkatkan adalah . 1.Kesesuaian ... -
PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA UNTUK MENDESKRIPSIKAN TUMBUHAN DAN BINATANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN TEBAK-TEBAKAN PADA SISWA KELAS II SDN KEPATIHAN 03 JEMBER
(2013-12-09)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Jember yang terdiri dari 36 siswa, 18 laki-laki dan 18 perempuan. Siswa berpasangan dengan teman sebangkunya. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan ... -
PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA UNTUK MENDESKRIPSIKAN TUMBUHAN DAN BINATANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN TEBAK-TEBAKAN PADA SISWA KELAS II SDN KEPATIHAN 03 JEMBER
(2014-01-22)Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SD untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang tertarik ...