• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA UNTUK MENDESKRIPSIKAN TUMBUHAN DAN BINATANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN TEBAK-TEBAKAN PADA SISWA KELAS II SDN KEPATIHAN 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ratih Wulandari.pdf (213.9Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    RATIH WULANDARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Jember yang terdiri dari 36 siswa, 18 laki-laki dan 18 perempuan. Siswa berpasangan dengan teman sebangkunya. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi dan kuantitatif untuk tes performance. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 15 Februari 2011 sampai 1 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IIb SDN Kepatihan 03 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes performance. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran ketrampilan berbicara untuk mendeskripsikan tumbuhan dan binatang dengan metode bermain tebak-tebakan adalah: siklus I prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria cukup aktif sebesar 53,3% ; siklus II prosentase aktivitas siswa dengan kriteria sangat aktif sebesar 90%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 13,89% siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa prosentase keuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 86,11%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada penerapan pembelajaran bahasa Indonesia dalam mendeskripsikan tumbuhan dan binatang dengan meenggunakan metode bermain tebak-tebakan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat secara lisan, memotivasi siswa untuk meningkatkan dasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6749
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository