Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 11889-11908 of 14500
-
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VII A MTs AL FIRDAUS KECAMATAN PANTI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAVI
(2013-07-12)Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas VII A MTs Al Firdaus. Hal ini dilakukan karena kemampuan bercerita siswa kurang ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA BUKU BOLAK-BALIK BERGAMBAR DI TK DHARMA WANITA TUNAS HARAPAN BANGSA KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-10)Anak TK diharapkan dapat berhitung sesuai indikator pada kurikulum yang ada di sekolah TK agar anak siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Namun, diketahui kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Dharma Wanita ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA RORO FATMI KECAMATAN SUKAPURA KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-02)Proses penerapan metode bermain peran dalam penelitian ini dilalukan dalam 2 siklus. Siklus I guru mengajak anak untuk bermain peran sebagai penjual dan pembeli yang sedang melakukan transaksi untuk melatih kemampuan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B1 MELALUI METODE JARIMATIKA DI TK PLUS AL-HUJAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-04)Kognitif adalah salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika seperti berhitung, membuat urutan bilangan, penjumlahan dan pengurangan. ... -
Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B1 Melalui Permainan Kubus Bergambar di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-08-14)Kogintif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Aspek perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam belajar matematika. anak belajar matematika seperti menyebut bilangan, menghitung urutan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B2 MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DI TK SISWA BUDHI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2018-02-08)Pendidikan anak di Taman Kanak-kanak (TK) merupakan pembinaan dan pengembangan seluruh potensi anak salah satunya yaitu perkembangan kemampuan berhitung. Aktivitas manusia tidak dapat terlepas dari peran matematika ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-10)Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang, dapat diketahui bahwa kemampuan berhitung anak masih rendah, karena dalam pembelajaran berhitung guru hanya menuliskan ... -
Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bermain Media Pohon Hitung Di Tk Taman Indria Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-10-23)Minat anak terhadap angka sangat besar. Kemampuan berhitung dibangun oleh keingintahuan, semangat anak-anak dalam proses pembelajaran, berbagai bentuk angka seringkali ditemui, misalnya permainan kereta angka. ... -
Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Media Permainan Balok Cuisenaire Di Tk Asy-Syafa’Ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-11-27)Kemampuan berhitung permulaan adalah kemampuan yang dimiliki anak dalam memahami konsep dasar-dasar matematika atau berhitung permulaan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuan sesuai tahap usia perkembangannya, ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN BOLA ANGKA DI PAUD ISLAM TERPADU NURUL JANNAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
(2016-08-10)Kemampuan berhitung permulaan merupakan kemampuan yang dimiliki anak dengan mengenali konsep bilangan pada matematika. Kemampuan berhitung permulaan pada usia 5-6 tahun meliputi kemampuan mengenal dan menyebutkan lambang ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A2 DI TK JEMBER PERMAI I KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN
(2016-08-10)Pemilihan dan penerapan media yang tepat dalam proses pembelajaran berhitung permulaan pada anak usia dini diperlukan sebagai sarana penyampaian materi kepada anak agar dapat diterima dengan baik dan proses pembelajaran ... -
Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Sempoa Pada Anak Kelompok b1 Di Tk Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2018-05-25)Kogintif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Aspek perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam belajar matematika. Anak belajar matematika seperti menyebut bilangan, menghitung urutan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN DADU PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA PERWANIDA 2 CLURING BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-04)Pengembangan kognitif merupakan suatu proses berupa kemampuan menghubungkan, menilai dan memperimbangankan sesuatu (depdiknas, dalam purwanti, 20013:3). Salah satu aspek pengembangan kognitif adalah pembelajaran matematika. ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A2 MELALUI BERMAIN KARTU BERGAMBAR DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-11-21)Kemampuan Berhitung memegang peran penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun secara keseluruhan kemampuan berhitung pada kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ... -
Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Seni Musik Di TK PGRI Arjuna Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2018-05-18)Hasil observasi yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan bernyanyi anak kelompok B di TK PGRI Arjuna Kalisat-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagian masih rendah. Pada saat prasiklus, terdapat 14 dari 20 ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE SISWA KELAS V SDN TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017
(2017-10-03)Pembelajaran IPA di sekolah dasar bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa melalui pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung berupa pengamatan atau percobaan. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA di ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN UMBULSARI 04 TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-09-17)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN UMBULSARI 04 TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-12-19)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, kegiatan siswa ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Materi Masalah-Masalah Sosial Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011-2012”,
(2014-01-22)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, kegiatan siswa ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER KELAS X SOS SMA NEGERI 1 MARON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2014/2015
(2016-01-08)Paradigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam ...