• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bermain Media Pohon Hitung Di Tk Taman Indria Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    SHINTA HARDIKNA AMIRDYASARI.pdf (2.847Mb)
    Date
    2017-10-23
    Author
    Amirdyasari, Shinta Hardikna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Minat anak terhadap angka sangat besar. Kemampuan berhitung dibangun oleh keingintahuan, semangat anak-anak dalam proses pembelajaran, berbagai bentuk angka seringkali ditemui, misalnya permainan kereta angka. Hasil pembelajaran pada kelompok B di TK Taman Indria anak yang belum mampu berhitung disebabkan karena media pembelajaran guru kurang menarik, kurang alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang kurang menarik, sehingga minat dan motivasi dalam belajar berhitung pada anak kurang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan menerapkan media pohon hitung dalam meningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Taman Indria kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi, 2) meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B melalui metode pohon hitung di Tk Taman Indria Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di TK TAMAN INDRIA Kecamatan Bang Bangorejo Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017. Waktu pelaksanaan di rencanankan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 dengan jumlah 25 anak, terdiri atas 10 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kemampuan berhitung dengan bermain pohon hitung anak kelompok B TK TAMAN INDRIA Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2016/2017 mengalami peningkatan. Penerapan bermain pohon hitung di TK Taman Indria di siklus I dengan menerapkan kegiatan bermain pohon hitung di awali dengan pembukaan, pengenalan angka 1-10, tanya jawab melakukan kegiatan mengurutkan angka pada media pohon hitung, dengan cara anak menempelkan angka sesuai dengan jumlah buah yang ada dalam media pohon hitung dan mengurutkan, sambil bernyanyi. Penerapan pada siklus II anak membenahi angka yang belum sempurna atau belum tepat tata letaknya yang terbuat dari kain flanel dan di tempelkan pada media pohon hitung yang terbuat dari sterofom. Hasil penerapan penelitian di TK TAMAN INDRIA Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi melalui bermain pohon hitung, kemampuan berhitung anak kelompok B2 mengalami peningkatan. Saran penelitian ini bagi guru adalah guru hendaknya dapat menggunakan media bermain pohon hitung sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82484
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository