• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B1 Melalui Permainan Kubus Bergambar di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    IRMA FAHRIANA.pdf (5.821Mb)
    Date
    2017-08-14
    Author
    Fahriana, Irma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kogintif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Aspek perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam belajar matematika. anak belajar matematika seperti menyebut bilangan, menghitung urutan bilangan dan penguasaan penjumlahan. Matematika pada anak dapat dikenalkan melalui permainan, seperti permainan kubus bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan dari 16 anak hanya 4 anak yang mampu berhitung dengan baik, sedangkan 12 anak masih belum memiliki kemampuan berhitung dengan baik. Penyebab yang mendasari kemampuan berhitung anak belum berkembang secara optimal yaitu kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga anak menjadi tidak fokus dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Guru hanya menggunakan kegiatan berhitung dengan benyanyi dan berfokus pada pemberian tugas yang ada di majalah, untu itu perlu adanya variasi penggunaan kegiatan pembelajaran yang lain yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan permainan kubus bergambar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerpan permainan kubus bergambar dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) Bagaimankah peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B1 melalui permainan kubus bergambar di TK Jember Permai 1 tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan Rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendsikripsikan penepanan kemampuan berhitung dengan permainan kubus bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B1 di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2)meningkatkan kemampuan anak kelompok B1 dalam berhitung menggunakan permainan kubus bergambar di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 16 anak, yang terbagi atas 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Arikunto. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Proses penerapan permainan kubus bergambar untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Jember Permai 1 tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru menunjukkan media kubus bergambar pada anak didepan kelas, kemudian guru (peneliti) meminta anak untuk memperhatikan penjelasannya guru, kemudian guru meminta anak untuk bermain sesuai yang dicontohkan oleh guru. Pelaksanaan pada siklus II hampir sama dengan siklus I akan ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Jember Permai 1 tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 65,625, siklus I sebesar 80,08, dan siklus II meningkat menjadi 91,41. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru menggunakan media permainan kubus bergambar dalam proses pembelajaran berhitung, dan sebagai bahan masukan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81075
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository