Variabel-variabel yang mempengaruhi Konsumen dalam keputusan membeli mobil TOYOTA, DAIHATSU, dan NISSAN sebagai dasar penentu strategi Positioning Produk di Kota JEMBER.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang
mempengaruhi konsumen dalam membeli mobil TOYOTA, DAIHATSU dan
NISSAN sebagai dasar penentu strategi positioning produk di kota Jember. Dasar
yang digunakan untuk memposisikan mobil tersebut adalah persepsi konsumen
terhadap kemiripan variabel-variabel yang terdiri dari performance (kinerja),
durability (keawetan), feature (fitur), consistency (kekonsistenan), design (disain),
masing-masing mobil. Teknik analisis adalah Multidimensional Scaling (MDS).
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 100 responden
dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh diuji menggunakan
analisis MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan (Validity and Reliability),
hasil peta positioning mobil TOYOTA, DAHATSU dan NISSAN berdasarkan
persepsi konsumen, dan kesamaan sikap responden dalam memberikan penilaian.
Berdasarkan hasil analaisis terdapat perbedaan posisi masing-masing mobil
berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa Analisis positioning
yang dihasilkan menunjukkan bahwa produk mobil merek Rush merupakan
pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari merek Avanza,
terutama menyangkut durability (keawetan), feature (fitur), dan consistency
(kekonsistenan). Mobil merek Xenia, Terios, dan Grand Livina secara umum tidak
mempunyai pesaing langsung (indirect competitor) karena memiliki perbedaan
terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik