• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DROP OUT PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Suatu Studi Kasus di Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    ayucitrais_1.pdf (97.82Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    AYU CITRA ISNANTRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas pendidikan di Indonesia masih mengkhawatirkan termasuk pendidikan dasar, hal tersebut terbukti dengan adanya fenomena Drop Out khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Meskipun Pemerintah telah memprogramkan pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam rangka membebaskan biaya untuk pendaftaran, iuran bulanan sekolah, biaya ujian, bahan dan biaya praktek, namun pada kenyataanya masih saja terdapat jumlah anak putus sekolah khususnya di Kabupaten Jember. Banyaknya jumlah siswa Sekolah Dasar (SD) yang putus sekolah menunujukkan bahwa kesejahteraan anak masih belum dapat terpenuhi. Apabila kesejahteraan anak tersebut tidak terpenuhi maka dapat mengakibatkan kesenjangan sosial dan patologi di tengah masyarakat. Mengingat anak adalah generasi muda yang merupakan suatu modal atau aset utama dalam pembangunan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, menguraikan, dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan drop out pada siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang Kabupaten Jember pada bulan Maret sampai Mei 2006. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan penentuan informan menggunakan teknik bola salju (Snowball), Pengumpulan data diambil melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk menganalisis data secara cermat menggunakan analisis model deskriptif dan untuk meningkatkan derajat kepercayaan data menggunakan kredibilitas data atau triangulasi yaitu triangulasi sumber dan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ragam dari faktor penyebab drop out yang terdapat pada siswa sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan pada seluruh informan menunjukkan bahwa faktor dominan yang menyebabkan siswa Sekolah Dasar (SD) drop out adalah faktor kawin usia muda, latar belakang pendidikan orang tua, lingkungan pergaulan dan rendahnya apresiasi masyarakat sekitar pada dunia pendidikan. ix Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data yaitu faktor yang menyebabkan drop out pada siswa sekolah Dasar (SD) yaitu antara lain : faktor kawin usia muda, yang dialami oleh informan yang berjenis kelamin perempuan dikarenakan adanya anggapan bahwa perempuan betapapun tingginya tingkat pendidikannya pada akhirnya ia akan menjadi ibu rumah tangga yang mengurus tugas-tugas rumah tangga. Faktor kedua adalah latar belakang pendidikan orang tua yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyebab drop out pada siswa sekolah dasar dikarenakan minimnya pengetahuan orang tua tentang arti pentingnya pendidikan bagi anaknya. Ketika anak sudah lancar membaca dan menulis maka hal tersebut dirasa cukup. Faktor ketiga adalah lingkungan pergaulan anak, teman bergaul anak memiliki latar belakang yang beraneka ragam sehingga mempengaruhi tingkah laku anak sehari-hari. Lingkungan pergaulan anak yang mayoritas dewasa dan tidak sekolah menyebabkan anak menjadi malas untuk pergi ke sekolah dan memilih bermian bersama teman-temannya. Faktor terakhir adalah rendahnya apresiasi masyarakat sekitar pada dunia pendidikan, yang dimaksud apresiasi disini adalah respon atau tanggapan dari orang tua terhadap pendidikan bagi anaknya. Sekolah hanya dianggap sebagai tempat bermain saja dan asalkan anak sudah bisa membaca dan menulis maka hal tersebut dirasa sudah cukup sehingga anak tidak perlu sekolah lagi. Tidak hanya itu, orang tua juga menganggap bahwa pendidikan agama bagi anak itu lebih penting daripada pendidikan formal sehingga orang tua lebih memilih memondokkan anaknya dengan harapan anak dapat memperoleh pendidikan agama secara lebih mendalam sehingga diharapkan anak tersebut tidak melanggar norma-norma yang ada pada masyarakat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14792
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5666]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository