dc.description.abstract | Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi sikap berwirausaha siswa
diantaranya kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan. Adanya kreativitas
yang dimiliki oleh siswa, dapat mendorong siswa untuk mempunyai mempunyai
keberanian mendirikan usaha sendiri setelah mereka lulus. Karena dengan kreativitas
yang mereka miliki, mereka dapat menemukan peluang yang ada di masyarakat.
Selain itu, di SMK juga di ajarkan kewirausahaan guna mendidik siswa agar siswa
mempunyai sikap berwirausaha. Pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 3 Jember
lebih banyak praktek dari pada teori sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan sikap
berwirausaha siswa. Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan seberapa besar
pengaruh yang signifikan dari kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan
terhadap sikap berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 3 Jember,
dan juga untuk mengetahui variabel manakah diantara kreativitas siswa dan prestasi
belajar kewirausahaan yang paling dominan mempengaruhi sikap berwirausaha
siswa.
Kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk menghasilkan
dan menemukan sesuatu yang baru bagi dirinya baik berupa gagasan ataupun karya
nyata. Sedangkan prestasi belajar kewirausahaan adalah bukti keberhasilan siswa
dalam proses belajar mengajar kewirausahaan yang dinyatakan dengan nilai raport.
Sikap berwirausaha adalah aspek psikologi yang menunjukkan sikap dan semangat
untuk menangkap peluang dan kemampuan mengambil resiko dalam pengelolaan
sumber daya.
Metode penentuan lokasi penelitian secara metode purposive yaitu ditentukan
secara sengaja di SMK Negeri 3 Jember. Penentuan sampel menggunakan Purposive
Sample. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan analisis statistik secara regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kreativitas siswa dan prestasi belajar
kewirausahaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap
berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 3 Jember. Hal ini
dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana Fhitung > Ftabel yaitu 81,003 > 3,16
dengan taraf signifikansi 0,000ndan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,750 atau
75,0 %. Secara parsial diperoleh data bahwa prestasi belajar kewirausahaan (X2)
mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap sikap berwirausaha siswa. Hal
tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil uji t, yaitu X1 = 5,175, dan X2 = 5,652. Selain
itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu
kreativitas siswa 35,46% dan prestasi belajar kewirausahaan siswa 39,47.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kreativitas siswa dan
prestasi belajar kewirausahaan memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap
berwirausaha siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang mempunyai kreativitas tinggi
akan selalu mempunyai ide-ide yang baru dan akan selalu mencari tahu apa yang
tidak mereka ketahui sehingga mereka dapat menemukan peluang di masyarakat.
Prestasi belajar siswa yang tinggi akan selalu mempraktekkan apa yang mereka dapat
di sekolah. | en_US |