PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 )
Abstract
Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji
masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran
tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan pihak sekolah. Untuk
itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk
meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa. Salah satu metode yang dapat
meningkatkan aktivitas sekaligus pemahaman siswa adalah metode diskusi kelompok
kecil dengan media word square. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa sekaligus pemahaman siswa hingga mencapai standar yang
ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian
ini yaitu a) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dengan diterapkan metode
diskusi kelompok kecil dengan media word square? b) bagaimanakah peningkatan
pemahaman siswa dengan diterapkan metode diskusi kelompok kecil dengan media
word square ?. Tujuan penelitian yaitu a) untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan
diterapkan metode diskusi kelompok kecil dengan media word square b) untuk
meningkatkan pemahaman siswa dengan diterapkan metode diskusi kelompok kecil
dengan media word square.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan yang meliputi
kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, wawancara dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-4 di SMA
Negeri Rambipuji. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok
kecil dengan media word square dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman
siswa pada ranah kognitif yang berupa nilai ulangan harian pada mata pelajaran
Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar siswa kelas X-4 SMA Negeri Rambipuji. Pada
siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-4 tergolong Sedang mencapai 59,87 %.
Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 75,08 yang berarti sudah
memenuhi standar yang ditetapkan sekolah. Secara klasikal, nilai ulangan harian
siswa juga sudah memenuhi standar yang ditetapkan sekolah mencapai 70,58%. Pada
siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kategori Aktif sebesar
65,99%, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 82,38
dan secara klasikal mencapai 88,23 % yang berarti seluruhnya telah mencapai standar
yang ditetapkan sekolah.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.
Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ... -
PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009)
LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ... -
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PENERAPAN METOD E TUTOR S EBAYA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN Ambulu Semester Genap Tahun pada Mata Pelajaran Akuntansi Sub Kompetensi Dasar Jurnal (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X I IPS 3 SMAN Ambul u Semester Genap Tahun 2011/2012 pada Mata P Penyesuaian) UNTUK MENINGKATKAN (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN Ambulu Semester Genap Tahun n Akuntansi Sub Kompetensi Dasar Jurnal
RUSDIANA SUSILOWATI (2014-01-24)Minat belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri Ambulu masih cukup rendah. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu metode ...