PENGARUH KREATIVITAS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP BERWIRAUSAHA SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2010/2011).
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi sikap berwirausaha siswa
diantaranya kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan. Adanya kreativitas
yang dimiliki oleh siswa, dapat mendorong siswa untuk mempunyai mempunyai
keberanian mendirikan usaha sendiri setelah mereka lulus. Karena dengan kreativitas
yang mereka miliki, mereka dapat menemukan peluang yang ada di masyarakat.
Selain itu, di SMK juga di ajarkan kewirausahaan guna mendidik siswa agar siswa
mempunyai sikap berwirausaha. Pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 3 Jember
lebih banyak praktek dari pada teori sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan sikap
berwirausaha siswa. Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan seberapa besar
pengaruh yang signifikan dari kreativitas siswa dan prestasi belajar kewirausahaan
terhadap sikap berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 3 Jember,
dan juga untuk mengetahui variabel manakah diantara kreativitas siswa dan prestasi
belajar kewirausahaan yang paling dominan mempengaruhi sikap berwirausaha
siswa.
Kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk menghasilkan
dan menemukan sesuatu yang baru bagi dirinya baik berupa gagasan ataupun karya
nyata. Sedangkan prestasi belajar kewirausahaan adalah bukti keberhasilan siswa
dalam proses belajar mengajar kewirausahaan yang dinyatakan dengan nilai raport.
Sikap berwirausaha adalah aspek psikologi yang menunjukkan sikap dan semangat
untuk menangkap peluang dan kemampuan mengambil resiko dalam pengelolaan
sumber daya.
Metode penentuan lokasi penelitian secara metode purposive yaitu ditentukan
secara sengaja di SMK Negeri 3 Jember. Penentuan sampel menggunakan Purposive
Sample. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan analisis statistik secara regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kreativitas siswa dan prestasi belajar
kewirausahaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap
berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 3 Jember. Hal ini
dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana Fhitung > Ftabel yaitu 81,003 > 3,16
dengan taraf signifikansi 0,000ndan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,750 atau
75,0 %. Secara parsial diperoleh data bahwa prestasi belajar kewirausahaan (X2)
mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap sikap berwirausaha siswa. Hal
tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil uji t, yaitu X1 = 5,175, dan X2 = 5,652. Selain
itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu
kreativitas siswa 35,46% dan prestasi belajar kewirausahaan siswa 39,47.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kreativitas siswa dan
prestasi belajar kewirausahaan memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap
berwirausaha siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang mempunyai kreativitas tinggi
akan selalu mempunyai ide-ide yang baru dan akan selalu mencari tahu apa yang
tidak mereka ketahui sehingga mereka dapat menemukan peluang di masyarakat.
Prestasi belajar siswa yang tinggi akan selalu mempraktekkan apa yang mereka dapat
di sekolah.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.
Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ... -
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 )
Silvia Agustin (2013-07-30)Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ... -
PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009)
LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ...