PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Pada Siswa Kelas V Semester Ganjil SDN Rambipuji 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011)
Abstract
Fakta  di  lapangan  menunjukkan  bahwa  dalam  pembelajaran  masih 
berorientasi  pada  guru.  Siswa  cenderung  menerima  apa  saja  yang  telah  diterangkan 
oleh guru tanpa harus mengetahui apa manfaat dari pelajaran tersebut sehingga siswa 
kurang termotivasi dalam belajar IPS.  
Berdasarkan  latar  belakang  permasalahan  di  atas,  maka  rumusan  masalah 
yang  diajukan  dalam  Proposal  penelitian  ini  adalah:  “Bagaimana  penerapan 
pendekatan STM dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS pokok 
bahasan  kegiatan  ekonomi  di  Indonesia  pada  siswa  kelas  V  Semester  Ganjil  SDN 
Rambipuji 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011?. 
 Penerapan  Pendekatan  STM  dengan  media  gambar  menghubungkan  dunia 
nyata  melalui  gambar  dan  menuntut  siswa  untuk  terlibat  aktif  karena  dalam 
pelaksanaan  pembelajarannya  terdapat  kegiatan  berdiskusi  dengan  mengemukakan 
pikirannya,  saling  bertukar  pendapat  dan  saling  bekerjasama  untuk  membangun 
pengetahuan tentang suatu masalah. Harapan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan 
hasil belajar siswa. 
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui deskripsi penerapan pendekatan 
STM  dengan  media  gambar  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  kegiatan 
ekonomi  di  Indonesia,  (2)  mengetahui  aktifitas  siswa  selama  pembelajaran 
menggunakan  Pendekatan  STM  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  kegiatan 
ekonomi  di  Indonesia,  dan  (3)  mengetahui  persentase  ketuntasan  hasil  belajar  siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STM pada mata pelajaran IPS 
pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia. 
Penelitian  dilaksanakan  di  SDN  Rambipuji  01  Jember  pada  siswa  kelas  V 
yang terdiri 39 orang siswa, 22 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya 
adalah  penelitian  tindakan  kelas,  sebanyak  dua  siklus.  Teknik  pengumpulan  data 
dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.  
Pengambilan  data  dilaksanakan  mulai  tanggal  06  Nopember  2010  sampai 
dengan 27 Nopember 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, 
aktivitas guru dan skor tes individu. Hasil Penilaian pada siklus I pertemuan pertama, 
aktivitas siswa mencapai 79%, aktivitas guru 90%. Pertemuan kedua, aktivitas siswa 
mencapai  87%,  aktivitas  guru  97%.  Siklus  II  pertemuan  pertama,  aktivitas  siswa 
mencapai  90%,  aktivitas  guru  100%.  Pertemuan  kedua,  aktivitas  siswa  mencapai 
92%,  aktivitas  guru  100%.  Analisis  hasil  evaluasi  siklus  I  mencapai  76,92%,  dan 
evaluasi siklus II mencapai 94,87%. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). penerapan pendekatan STM dengan 
media gambar pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia 
dapat  menciptakan  suasana  pembelajaran  yang  aktif,  menarik  minat  siswa  untuk 
belajar,  memberikan  pembelajaran  yang  bermakna  bagi  siswa,  menumbuhkan 
kemampuan  siswa  dalam  berinteraksi  serta  saling  bekerja  sama  sehingga  dapat 
mengembangkan  keterampilan  sosial  siswa;  2).  pembelajaran  menggunakan 
pendekatan  STM  dengan  media  gambar  dapat  meningkatkan  aktivitas  siswa  dalam 
belajar.  Hal  ini  dapat  ditunjukkan  pada  analisis  aktivitas  siswa  dari  awal 
pembelajaran  hingga  berakhirnya  pembelajaran.  Hasil  Penilaian  pada  siklus  I 
pertemuan pertama: aktivitas siswa mencapai 79%, pertemuan kedua: aktivitas siswa 
mencapai  87%.  Siklus  II  pertemuan  pertama:  aktivitas  siswa  mencapai  90%, 
pertemuan  kedua:  aktivitas  siswa  mencapai  92%;  3).  ketuntasan  hasil  belajar  siswa 
mengalami  peningkatan,  pada  siklus  I  ketuntasan  belajar  secara  klasikal  mencapai 
76,92% dan pada siklus II mencapai 94,87%.
