• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI DAN MEDIA GAMBAR KELAS V SEMESTER II DI SDN PALERAN 05 KEC. UMBULSARI KABUPATEN JEMBER 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Titik Anggraeni_080210204180_001.pdf (78.75Kb)
    Date
    2014-01-13
    Author
    Titik Anggraeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan sangat menentukan kualitas kehidupan bangsa. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai terbuka dan demokratis. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan, sehingga harus ditemukan strategi atau metode yang efektif di kelas, yang lebih memberdayakan potensi siswa. Salah satu metode yang efektif di kelas yang lebih memberdayakan potensi siswa adalah metode diskusi dan media gambar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui penerapan metode diskusi dan media gambar kelas V semester II SDN Paleran 05 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui penerapan metode diskusi dan media gambar kelas V semester II SDN Paleran 05 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 24 Januari sampai 05 Februari 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema dari hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan media gambar pada siklus I dengan kriteria cukup aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 47,2% dan pada siklus II sebesar 77,7%, (2) Pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 58,3% dan siklus II secara klasikal sebesar 75% atau dapat dikatakan tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14133
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository