• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Dan Skala Di SMP Negeri 3 Arjasa Kelas VII B Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Rahmi H. I. - 080210191020_1.pdf (269.5Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Ika Rahmi Hari Indriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam proses belajar mengajar, diperlukan adanya pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang selama ini berlangsung di beberapa sekolah, termasuk SMPN 3 Arjasa, lebih berorientasi pada target pemberian konsep tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan kembali asal mula konsep tersebut dengan cara mereka sendiri, sehingga pembelajaran yang demikian akan kurang bermakna. Akibatnya, banyak siswa yang kurang bisa dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menerapkan pembelajaran dimana siswa dapat menemukan kembali konsep dari suatu materi adalah dengan menggunakan pendekatan RME (Realiistics Mathematics Education). Pembelajaran matematika realistik adalah proses pembelajaran matematika yang menggunakan dunia nyata sebagai titik tolak untuk mengembangkan konsep dan gagasan matematika. Siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruk masalah-masalah dunia nyata dengan cara mereka sendiri dan guru hanya mempunyai peran sebagai fasilitator saja. Karakteristik RME yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, yaitu: penggunaan dunia nyata (siswa diberikan permasalahan dan diminta untuk membayangkannya berkaitan dengan dunia nyata), penggunaan model (siswa diberikan media berupa benda atau gambar yang sesuai untuk membantu memecahkan permasalahan), produksi dan konstruksi siswa (siswa diberikan viii kesempatan untuk mengkonstruk dan menuangkan ide-ide kreatif), interaktif (siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya), dan keterkaitan unit belajar (siswa dibimbing dengan runut dalam menyelesaikan permasalahan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran RME, mengetahui aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa ketika pembelajaran RME diterapkan pada sub pokok bahasan perbandingan dan skala kelas VII B di SMPN 3 Arjasa tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus model Hopkins, yaitu fase perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 26 November sampai dengan 6 Desember 2012 dan subjek yang diteliti adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Arjasa. Waktu penelitian adalah semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif pada aktivitas guru, siswa, dan ketuntasan hasil belajar. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru mengalami peningkatan, yaitu 80,20% pada siklus I dan 90,62% pada siklus II. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,06% dan pada siklus II persentasenya sebesar 75,64%. Untuk ketuntasan belajar dilihat dari ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Ketuntasan belajar secara individu, persentase ketuntasan belajarnya sebesar 46,15% pada siklus I meningkat menjadi 88,46% pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal, pada siklus I sebesar 76,92% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran RME efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Arjasa pada sub pokok bahasan perbandingan dan skala.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13339
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository