• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika di SMPN 7 Jember Kelas VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Yova Agustian Prahara Ema Putra - 080210102037_1.pdf (159.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Yova Agustian Prahara Ema Putra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah bagian dari sains (IPA) yang pada hakikatnya adalah kumpulan pengetahuan, cara berpikir, dan penyelidikan. Fisika adalah ilmu pengetahuan yang menggunakan metode ilmiah dalam prosesnya, sehingga pemahaman siswa terhadap hakikat fisika menjadi utuh, baik sebagai proses maupun sebagai produk. Pada pembelajaran fisika di sekolah selama ini banyak menunjukkan bahwa rata-rata dari hasil belajar fisika siswa lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar mata pelajaran lainnya Hal ini didukung dengan adanya nilai quiz, ujian tengah semester dan ujian akhir semester di SMP secara umum yang menurun. Fakta di lapangan tersebut menunjukkan hasil belajar fisika yang masih rendah karena kurangnya pembaharuan dalam gaya mengajar guru, bukan berarti guru tersebut tidak kreatif, tapi guru sekarang harus bisa membuat siswa itu nyaman dikelas, dan nyaman dalam menerima pelajaran yang diberikan apalagi pelajaran fisika, khususnya di SMPN 7 Jember. Penerapan model Quantum Learning memerlukan suatu metode pembelajaran untuk menginterpretasikan hakikat fisika. Salah satu metode yang tepat adalah metode eksperimen, sehingga jika dipadukan antara model Quantum Learning dan metode eksperimen maka terjadilah suatu kombinasi yang baik antara hakikat fisika tersebut sehingga diharapkan siswa lebih aktif dalam aktivitas belajarnya dan mampu meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum Learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 7 Jember. (2) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum Learning dengan metode eksperimen terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian yang ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember dengan responden penelitian kelas VIII-E dan VIII-F. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan randomized post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent-Sample T test dengan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase aktivitas siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan Independent-Sample T test dengan SPSS 16 atau pada nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,839 atau > 0,05. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah sebesar 54,46, sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah sebesar 54,85. Perbedaan tersebut dikarenakan pada kelas eksperimen diterapkan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan Model Konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan tidak ada pengaruh hasil belajar siswa antara menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen dengan Model Konvensional karena Sig. (2 tailed) > 0,05 maka hipotesis nihil (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pada hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen dengan siswa yang tidak diajar menggunakan model Quantum Learning pada pembelajaran fisika di SMPN 7 Jember kelas VIII. Hasil persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal maka persentase aktivitas siswa mencapai 63,74%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen tergolong aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13194
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository