Horizontalisasi Pemasaran pada Objek Wisata Taman Botani Sukorambi di Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana horizontalisasi
pemasaran pada Objek Wisata Taman Botani Sukorambi di Kabupaten Jember.
Objek penelitian ini adalah Taman Botani Sukorambi Jember dan informan pada
penelitian ini adalah manager marketing, 5 karyawan wisata, serta pengunjung yang
bersedia menjadi narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis domain dan
analisis taksonomi.
 Hasil penelitian ini menerangkan bahwa Objek Wisata Taman Botani
Sukorambi Jember diresmikan secara umum oleh Bupati Jember pada tanggal 24
Februari 2007. Wisata ini memiliki banyak fasilitas dan produk berbasis pelayanan,
wahana outbond, taman edukasi, kolam renang anak dan dewasa, kolam renang
muslimah, kolam ikan koi, flying fox, camping ground, Serta penyewaan tempat
untuk wedding. Wisata Taman Botani Sukorambi Jember memiliki beberapa
departemen dalam struktur perusahaan salah satunya departemen marketing. Dalam
implementasinya, departemen pemasaran memiliki banyak kegiatan seperti
pemasaran berbasis online dan offline.
Taman Botani Sukorambi memiliki departemen pemasaran yang menjalankan
kegiatan pemasaran yang berbasis online dan offline seperti pada media instagram,
website, facebook, youtube, dan whatsapp. Dilihat dari analisis lanskap bisnis 4C
yaitu change, competitor, customer, company saling ter-connect antara satu dengan
lainnya. Sehingga dari sisi pengunjung, mereka bisa mengetahui change dan
company cukup dengan melihat dari sosial media.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
- 
Implementasi Pemasaran Digital Berbasis Social Media Marketing pada Instagram Kedai Kopi Dominance di Banyuwangi AMELIA, Calvina Risky (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2025-01-22)Penelitian ini menganalisis implementasi pemasaran digital berbasis media sosial pemasaran pada Instagram kedai kopi Dominance di Banyuwangi. Kedai kopi memerlukan pemasaran digital berbasis pemasaran media sosial untuk ...
- 
Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Toko Baju Anak Salsabilaanarqi ALFIRDAUS, Alvin Cahyo (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2024-11-25)Komunikasi pemasaran ialah sebuah sarana di mana pelaku usaha berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang dijual. Komunikasi ...
- 
Analisis Strategi Pemasaran pada Pos Ketan Legenda 1967, Kota Batu SUKARNO, Clara Rasidan Naafiati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2024-09-30)Kota Batu sangat terkenal dengan keberagaman wisata dan kulinernya. Hal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu. Kota Batu memiliki suhu udara yang dingin yaitu 15 - 26℃. Oleh karena itu, ...
