Analisis Strategi Pemasaran pada Pos Ketan Legenda 1967, Kota Batu
Abstract
Kota Batu sangat terkenal dengan keberagaman wisata dan kulinernya. Hal ini menjadi daya tarik bagi
para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu. Kota Batu memiliki suhu udara yang dingin yaitu 15 -
26℃. Oleh karena itu, masyarakat dan wisatawan lebih suka mengkonsumsi makanan dan minuman yang
hangat. Kuliner yang telah dikenal oleh banyak konsumen dan menjadi ciri khas di Kota Batu yaitu
minuman susu dan ketan. Pos Ketan Legenda 1967 merupakan salah satu warung makan di Kota Batu
yang menjual olahan ketan dan minuman susu sapi sejak tahun 1967 hingga saat ini serta telah dikenal
oleh banyak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman yang dimiliki oleh PKL 1967 yang dilakukan dengan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses,
Opportunities dan Treaths), kondisi PKL 1967 jika ditinjau dari diagram SWOT, serta strategi yang sesuai
bagi PKL 1967 dalam mengembangkan bisnisnya. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis
SWOT dan menyusun diagram SWOT dari hasil kuesioner yang telah dikumpulkan. Hasil dari analisis
yang telah dilakukan, menunjukkan PKL 1967 berada pada Kuadran I. Pada kondisi ini, PKL 1967 akan
menerapkan strategi agresif yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha yaitu dengan
meningkatkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang dimiliki. Beberapa strategi yang dapat
diterapkan PKL 1967 yaitu melakukan inovasi menu lainnya yang terbuat dari olahan ketan atau susu
sapi, memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan, menjaga kebersihan outlet PKL
1967 dan kehigienisan alat makan, mempertahankan atau meningkat fasilitas umum yang diberikan
kepada konsumen (meja dan kursi makan, toilet, mushola, dan tempat parkir kendaraan), memanfaatkan
teknologi dalam mengolah makanan dan minuman dapat mengefisienkan waktu, serta membuka cabang
PKL 1967 di kota lain dengan sistem waralaba.
Collections
- MT-Management [555]