Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Toko Baju Anak Salsabilaanarqi
Abstract
Komunikasi pemasaran ialah sebuah sarana di mana pelaku usaha berusaha
untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara
langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang dijual.
Komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam
mengomunikasikan segala sesuatu tentang produk tersebut.
 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Toko Baju Anak Salsabilaanarqi
yang beralamat di Jalan Udangwindu No.49 Kecamatan Kaliwates, Kabupaten
Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2023 hingga selesai. Subjek
penelitian terdiri dari owner sekaligus pengelola dan karyawan toko.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Baju Anak Salsabilaanarqi
menerapkan strategi pemanfaatan Instagram yang komprehensif dan efektif
sebagai media komunikasi pemasaran. Strategi tersebut mencakup lima aspek
utama: Postingan yang termasuk dalam advertising, Sorotan yang termasuk dalam
advertising, Story yang termasuk dalam direct marketing, Pesan yang termasuk
dalam direct marketing, dan Link pada bio yang termasuk dalam publicity. Toko
ini secara rutin mengunggah konten berupa postingan dan story untuk produk baru,
dengan caption yang informatif dan lengkap. Fitur Sorotan dimanfaatkan untuk
mengorganisir informasi penting secara permanen, sementara Link WhatsApp
pada bio Instagram memudahkan komunikasi langsung dengan pelanggan.Dari kelima elemen Instagram yang dianalisis, ditemukan bahwa postingan
dan story menjadi elemen yang penting pada penjualan. Hal ini dikarenakan
kemampuan kedua elemen tersebut dalam: 1) Menarik perhatian calon pelanggan
melalui visual yang menarik. 2) Memberikan informasi produk yang
komprehensif. 3) Menciptakan urgensi pembelian. 4) Membangun hubungan yang
lebih personal dengan pelanggan. Implementasi strategi yang terencana dan
terintegrasi dalam memanfaatkan berbagai fitur Instagram ini telah terbukti efektif
dalam meningkatkan visibilitas brand, membangun engagement dengan
pelanggan, dan mendorong peningkatan penjualan serta loyalitas pelanggan Toko
Baju Anak Salsabilaanarqi.
