• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Toko Baju Anak Salsabilaanarqi

    Thumbnail
    View/Open
    Alvin Cahyo Alfirdaus_200910202095 (1.074Mb)
    Date
    2024-11-25
    Author
    ALFIRDAUS, Alvin Cahyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Komunikasi pemasaran ialah sebuah sarana di mana pelaku usaha berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam mengomunikasikan segala sesuatu tentang produk tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Toko Baju Anak Salsabilaanarqi yang beralamat di Jalan Udangwindu No.49 Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2023 hingga selesai. Subjek penelitian terdiri dari owner sekaligus pengelola dan karyawan toko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Baju Anak Salsabilaanarqi menerapkan strategi pemanfaatan Instagram yang komprehensif dan efektif sebagai media komunikasi pemasaran. Strategi tersebut mencakup lima aspek utama: Postingan yang termasuk dalam advertising, Sorotan yang termasuk dalam advertising, Story yang termasuk dalam direct marketing, Pesan yang termasuk dalam direct marketing, dan Link pada bio yang termasuk dalam publicity. Toko ini secara rutin mengunggah konten berupa postingan dan story untuk produk baru, dengan caption yang informatif dan lengkap. Fitur Sorotan dimanfaatkan untuk mengorganisir informasi penting secara permanen, sementara Link WhatsApp pada bio Instagram memudahkan komunikasi langsung dengan pelanggan.Dari kelima elemen Instagram yang dianalisis, ditemukan bahwa postingan dan story menjadi elemen yang penting pada penjualan. Hal ini dikarenakan kemampuan kedua elemen tersebut dalam: 1) Menarik perhatian calon pelanggan melalui visual yang menarik. 2) Memberikan informasi produk yang komprehensif. 3) Menciptakan urgensi pembelian. 4) Membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Implementasi strategi yang terencana dan terintegrasi dalam memanfaatkan berbagai fitur Instagram ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas brand, membangun engagement dengan pelanggan, dan mendorong peningkatan penjualan serta loyalitas pelanggan Toko Baju Anak Salsabilaanarqi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128297
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5783]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository