• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi (1.150Mb)
    Date
    2023-07-26
    Author
    AFIFAH, Laila Al
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran yang bersifat intrakulikuler, serta memberikan kebebasan guru untuk memilih dan membuat perangkat ajar yang sesuai dengan karakteristik dan minat siswa. Pada tahun ajaran 2022/2023 TK Muslimat NU Sunan Giri Balung telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar. Pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada bulan Agustus 2022, peneliti melihat beberapa guru sudah siap serta mampu untuk menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta bagaimana konsep pembelajaran dari kurikulum Merdeka. Namun masih terdapat juga guru yang kurang siap serta belum memahami bagaimana penerapan dari kurikulum Merdeka. Penelitian ini ingin menggambarkan lebih dalam lagi bagaimana kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember?” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember. Penelitan ini menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang berjumlah 15 soal yang diberikan kepada guru di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung, adapun dari 15 soal tersebut terdiri dari 4 aspek yang dikembangkan menjadi satuan pertanyaan. Aspek yang dikembangkan meliputi tanggung jawab mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kaidah kurikulum Merdeka Belajar, fleksibilitas dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan capaian tumbuh kembang dan karakteristik peserta didik, keterampilan dalam pembelajaran dan pelaksanaan asesmen penilaian, mengkomunikasikan hasil belajar peserta didik dan melakukan refleksi pembelajaran. Penjabaran dari 4 aspek tersebut yang berupa pertanyaan, telah dituliskan dalam lembar kisi-kisi instrumen. Instrumen tersebut digunakan sebagai alat pengumpulan data yang dihitung seberapa persenkah guru yang telah sangat siap, siap, kurang siap, dan tidak siap pada setiap butir pertanyaan yang ada dalam angket tersebut. Angket telah diuji kevalidannya oleh bantuan ahli, 15 soal sudah dinyatakan valid, tetapi sebelumnya angket mendapati satu kali revisi oleh ahli. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh, dikarenakan jumlah sampel yang sedikit hanya berjumlah 12 guru. Penelitian ini dimulai pada bulan Mei hingga Juni tahun 2023, melalui penyebaran angket yang hasil nya dianalisis menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini, guru di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember telah siap dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terlihat hasil angket yang telah disebar menunjukkan bahwa secara umum guru sudah siap untuk mengembangkan pembelajaran yang dapat membentuk kartakter profil pelajar Pancasila. Akan tetapi terdapat hasil angket yang menunjukkan guru kurang siap dalam mengubah kurikulum, menguasai konsep, mengubah fokus materi, dan melakukan asesmen diagnostik. Maka dari itu saran dari peneliti lembaga sekolah perlu melakukan kegiatan pendampingan, dimana guru yang sudah mengikuti pelatihan dapat melatih serta mendampingi guru yang belum melakukan pelatihan kurikulum merdeka. Hal tersebut dapat membantu beberapa guru untuk siap serta menguasai konsep materi yang diajarkan, dan melakukan asesmen diagnostik dengan baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127403
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository