Show simple item record

dc.contributor.authorAFIFAH, Laila Al
dc.date.accessioned2025-07-16T07:22:52Z
dc.date.available2025-07-16T07:22:52Z
dc.date.issued2023-07-26
dc.identifier.nim190210205023en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127403
dc.descriptionValidasi_firli_11_Juli_25en_US
dc.description.abstractKurikulum Merdeka merupakan pembelajaran yang bersifat intrakulikuler, serta memberikan kebebasan guru untuk memilih dan membuat perangkat ajar yang sesuai dengan karakteristik dan minat siswa. Pada tahun ajaran 2022/2023 TK Muslimat NU Sunan Giri Balung telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar. Pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada bulan Agustus 2022, peneliti melihat beberapa guru sudah siap serta mampu untuk menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta bagaimana konsep pembelajaran dari kurikulum Merdeka. Namun masih terdapat juga guru yang kurang siap serta belum memahami bagaimana penerapan dari kurikulum Merdeka. Penelitian ini ingin menggambarkan lebih dalam lagi bagaimana kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember?” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember. Penelitan ini menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang berjumlah 15 soal yang diberikan kepada guru di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung, adapun dari 15 soal tersebut terdiri dari 4 aspek yang dikembangkan menjadi satuan pertanyaan. Aspek yang dikembangkan meliputi tanggung jawab mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kaidah kurikulum Merdeka Belajar, fleksibilitas dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan capaian tumbuh kembang dan karakteristik peserta didik, keterampilan dalam pembelajaran dan pelaksanaan asesmen penilaian, mengkomunikasikan hasil belajar peserta didik dan melakukan refleksi pembelajaran. Penjabaran dari 4 aspek tersebut yang berupa pertanyaan, telah dituliskan dalam lembar kisi-kisi instrumen. Instrumen tersebut digunakan sebagai alat pengumpulan data yang dihitung seberapa persenkah guru yang telah sangat siap, siap, kurang siap, dan tidak siap pada setiap butir pertanyaan yang ada dalam angket tersebut. Angket telah diuji kevalidannya oleh bantuan ahli, 15 soal sudah dinyatakan valid, tetapi sebelumnya angket mendapati satu kali revisi oleh ahli. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh, dikarenakan jumlah sampel yang sedikit hanya berjumlah 12 guru. Penelitian ini dimulai pada bulan Mei hingga Juni tahun 2023, melalui penyebaran angket yang hasil nya dianalisis menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini, guru di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember telah siap dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terlihat hasil angket yang telah disebar menunjukkan bahwa secara umum guru sudah siap untuk mengembangkan pembelajaran yang dapat membentuk kartakter profil pelajar Pancasila. Akan tetapi terdapat hasil angket yang menunjukkan guru kurang siap dalam mengubah kurikulum, menguasai konsep, mengubah fokus materi, dan melakukan asesmen diagnostik. Maka dari itu saran dari peneliti lembaga sekolah perlu melakukan kegiatan pendampingan, dimana guru yang sudah mengikuti pelatihan dapat melatih serta mendampingi guru yang belum melakukan pelatihan kurikulum merdeka. Hal tersebut dapat membantu beberapa guru untuk siap serta menguasai konsep materi yang diajarkan, dan melakukan asesmen diagnostik dengan baik.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr. Nanik Yuliati M.Pd. Dosen Pembimbing II : Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKesiapan Guruen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectKurikulumen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.titleKesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di TK Muslimat NU Sunan Giri Balung Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_11_Juli_25en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 16en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record