Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SDN Curahpoh 1
Abstract
Pemahaman pada materi IPA tentang gaya dan gerak memerlukan adanya
pemahaman konsep dasar dari materi tersebut. Tapi kenyataannya masih banyak
siswa yang kurang mampu dalam memahami konsep dasar gaya dan gerak.
Kesulitan yang dialami oleh siswa disebabkan karena kurangnya guru dalam
mengenalkan konsep dasar materi gaya dan gerak serta pembelajaran yang
monoton, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam
menyelesaikan permasalah tersebut maka disusunlah rancangan pembelajaran
menggunakan model CTL berbantuan video animasi. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL)
berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa.
Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Penelitian
dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Adapun tempat
penelitian yaitu SDN Curahpoh 1 Bondowoso dengan jumlah sampel sebanyak 40
siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan tes. Analisis
pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji pre-tes dan post-tes, uji
normalitas, dan uji t-test.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) uji homogenitas mendapat nilai signifikan
0,608 dikategorikan sebagai homogen, (2) uji validitas soal diperoleh hasil
cronbach's alpa 0,815 dikategorikan instrumen tes reliable. (3) uji normalitas pada
kelas IV A memperoleh nilai signifikan 0,160 dan kelas IV B memperoleh nilai
signifikan 0,117, sehingga dikategorikan berdistribusi normal, (4) uji hipotesis
terdapat selisih nilai dari t-hitung dengan t-tabel, diperoleh nilai t-hitung sebesar
6,962 dan t- tabel sebesar 2,024 yang artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel, dan
perbandingan hasil rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 85,00 sedangkan
kelas kontrol memperoleh nilai 72,45, sehingga, kelas eksperimen memiliki nilai
lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji keefektifan relatif
mendapatkan hasil 15,94% yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori
kriteria keefektifan rendah. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh
Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Dan Gerak Kelas IV SDN
Curahpoh 1. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab siswa kurang memahami
adalah tidak memperhatikan arahan atau petunjuk dari guru dan siswa ramai sendiri.
Adapun saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai bahan referensi dalam menentukan langkah yang tepat di dalam
menyelesaikan permasalah khususnya pada pembelajaran IPA materi gaya dan
gerak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa dalam
proses pembelajaran yakni kurang memperhatikan arahan atau petunjuk guru dan
ramai sendiri, sehingga disarankan pada guru untuk menjelaskan atau memberikan
arahan dengan cara lebih menarik serta menjelaskan detail-detail yang akan
dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung agar siswa lebih memperhatikan
dan tidak ramai. Selain itu, siswa perlu untuk lebih teliti dalam memperhatikan
arahan atau petunjuk yang diberikan oleh guru agar tidak mengalami kebingungan
pada saat melakukan pembelajaran.