Show simple item record

dc.contributor.authorROBBIANSYAH, Nur
dc.date.accessioned2025-04-15T02:15:10Z
dc.date.available2025-04-15T02:15:10Z
dc.date.issued2023-07-28
dc.identifier.nim180210204074en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125917
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_april_2025_8 Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 April 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPemahaman pada materi IPA tentang gaya dan gerak memerlukan adanya pemahaman konsep dasar dari materi tersebut. Tapi kenyataannya masih banyak siswa yang kurang mampu dalam memahami konsep dasar gaya dan gerak. Kesulitan yang dialami oleh siswa disebabkan karena kurangnya guru dalam mengenalkan konsep dasar materi gaya dan gerak serta pembelajaran yang monoton, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam menyelesaikan permasalah tersebut maka disusunlah rancangan pembelajaran menggunakan model CTL berbantuan video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Adapun tempat penelitian yaitu SDN Curahpoh 1 Bondowoso dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan tes. Analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji pre-tes dan post-tes, uji normalitas, dan uji t-test. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) uji homogenitas mendapat nilai signifikan 0,608 dikategorikan sebagai homogen, (2) uji validitas soal diperoleh hasil cronbach's alpa 0,815 dikategorikan instrumen tes reliable. (3) uji normalitas pada kelas IV A memperoleh nilai signifikan 0,160 dan kelas IV B memperoleh nilai signifikan 0,117, sehingga dikategorikan berdistribusi normal, (4) uji hipotesis terdapat selisih nilai dari t-hitung dengan t-tabel, diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,962 dan t- tabel sebesar 2,024 yang artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel, dan perbandingan hasil rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 85,00 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 72,45, sehingga, kelas eksperimen memiliki nilai lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji keefektifan relatif mendapatkan hasil 15,94% yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori kriteria keefektifan rendah. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Dan Gerak Kelas IV SDN Curahpoh 1. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab siswa kurang memahami adalah tidak memperhatikan arahan atau petunjuk dari guru dan siswa ramai sendiri. Adapun saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam menentukan langkah yang tepat di dalam menyelesaikan permasalah khususnya pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran yakni kurang memperhatikan arahan atau petunjuk guru dan ramai sendiri, sehingga disarankan pada guru untuk menjelaskan atau memberikan arahan dengan cara lebih menarik serta menjelaskan detail-detail yang akan dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung agar siswa lebih memperhatikan dan tidak ramai. Selain itu, siswa perlu untuk lebih teliti dalam memperhatikan arahan atau petunjuk yang diberikan oleh guru agar tidak mengalami kebingungan pada saat melakukan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGaya dan Geraken_US
dc.subjectVideo Animasien_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectContextual Teaching and Learningen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SDN Curahpoh 1en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1AGUSTININGSIH. S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2ARIK AGUK WARDOYO, S.Pd., M.PFisen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_april_2025_8en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record