• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SDN Curahpoh 1

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Robbiansyah _ 180210204074.pdf (2.000Mb)
    Date
    2023-07-28
    Author
    ROBBIANSYAH, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemahaman pada materi IPA tentang gaya dan gerak memerlukan adanya pemahaman konsep dasar dari materi tersebut. Tapi kenyataannya masih banyak siswa yang kurang mampu dalam memahami konsep dasar gaya dan gerak. Kesulitan yang dialami oleh siswa disebabkan karena kurangnya guru dalam mengenalkan konsep dasar materi gaya dan gerak serta pembelajaran yang monoton, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam menyelesaikan permasalah tersebut maka disusunlah rancangan pembelajaran menggunakan model CTL berbantuan video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Adapun tempat penelitian yaitu SDN Curahpoh 1 Bondowoso dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan tes. Analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji pre-tes dan post-tes, uji normalitas, dan uji t-test. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) uji homogenitas mendapat nilai signifikan 0,608 dikategorikan sebagai homogen, (2) uji validitas soal diperoleh hasil cronbach's alpa 0,815 dikategorikan instrumen tes reliable. (3) uji normalitas pada kelas IV A memperoleh nilai signifikan 0,160 dan kelas IV B memperoleh nilai signifikan 0,117, sehingga dikategorikan berdistribusi normal, (4) uji hipotesis terdapat selisih nilai dari t-hitung dengan t-tabel, diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,962 dan t- tabel sebesar 2,024 yang artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel, dan perbandingan hasil rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 85,00 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 72,45, sehingga, kelas eksperimen memiliki nilai lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji keefektifan relatif mendapatkan hasil 15,94% yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori kriteria keefektifan rendah. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Dan Gerak Kelas IV SDN Curahpoh 1. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab siswa kurang memahami adalah tidak memperhatikan arahan atau petunjuk dari guru dan siswa ramai sendiri. Adapun saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam menentukan langkah yang tepat di dalam menyelesaikan permasalah khususnya pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran yakni kurang memperhatikan arahan atau petunjuk guru dan ramai sendiri, sehingga disarankan pada guru untuk menjelaskan atau memberikan arahan dengan cara lebih menarik serta menjelaskan detail-detail yang akan dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung agar siswa lebih memperhatikan dan tidak ramai. Selain itu, siswa perlu untuk lebih teliti dalam memperhatikan arahan atau petunjuk yang diberikan oleh guru agar tidak mengalami kebingungan pada saat melakukan pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125917
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository