Efektivitas Penerapan Token Economy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 3-4 Tahun Kelas A1 di TK Arni Jember 2022/2023
Abstract
Tanggung jawab seorang anak ialah salah satu untuk membentuk karakter yang
harus di bangun, sehingga anak akan terbiasa dengan perilaku tanggung jawab.
Pembinaan atau pembiasaan tanggung jawab seorang anak dapat dimulai sejak dini,
hal ini dikarena pembiasaan akan menenentukan karakter anak pada saat dewasa.
Perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember tergolong
rendah. Dapat dilihat ana kurang bertanggung jawab atas dirinya dan barang
miliknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Bagaimanakah efektivitas
penerapan token economy terhadap perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun di
TK Arni Jember 2022/2023?” Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menilai
keefektivitasan token economy dalam meningkatkan perilaku yang tanggung jawab
anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember 2022/2023.
Penelitian dilakukan di TK Arni Jember dengan menggunakan jenis penelitian
eksperimental dengan desain One Group Pretest Postest Design. Metode
pengambilan data yang dipakai yaitu observasi dan dokumentasi. Uji Validitas
dalam penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang dan uji reabilitas
menggunakan rumus cronbach’s alpha. Uji hipotesis menggunakan uji paired
sample t-test dengan bantuan spss versi 26.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, teknik token economy
efektif terhadap peningkatan perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1
di TK Arni Jember. Dengan nilai rata rata pretest sebelum diberi treatment
memperoleh nilai 8,7 sedangkan nilai posttest setelah diberi treatment selama 5 hari
mendapat nilai rata rata 15,0. Hasil uji paired sample t-test pada tingkat
kepercayaan 95% atau taraf signifikan 0,05 didapatkan nilai p value sebesar 0,000.
Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa p value (0,000) < 0,05 sehingga Ha
diterima dan H0 ditolak. Bisa disimpulkan, token economy efektif terhadap
perilaku tanggung jawab na usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember.
Berdasarkan Penjabaran hasil penelitian saran yang dapat berikan atau
disampaikan peneliti yang telah dilakukan ialah tenik token economy sebagai salah
satu alternatif yang dapat digunakan untuk merubah perilaku yang tidak diharapkan.
Sehingga guru dapat mengaplikasikannya dengan memperhatikan langkah-langkah
dalam menerapkan token economy serta memilih token dan hadiah yang tepat.