• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penerapan Token Economy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 3-4 Tahun Kelas A1 di TK Arni Jember 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Zachwa Zettira Damayanti_190210205006 (2.194Mb)
    Date
    2023-07-07
    Author
    DAMAYANTI, Zachwa Zettira
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tanggung jawab seorang anak ialah salah satu untuk membentuk karakter yang harus di bangun, sehingga anak akan terbiasa dengan perilaku tanggung jawab. Pembinaan atau pembiasaan tanggung jawab seorang anak dapat dimulai sejak dini, hal ini dikarena pembiasaan akan menenentukan karakter anak pada saat dewasa. Perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember tergolong rendah. Dapat dilihat ana kurang bertanggung jawab atas dirinya dan barang miliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Bagaimanakah efektivitas penerapan token economy terhadap perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun di TK Arni Jember 2022/2023?” Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menilai keefektivitasan token economy dalam meningkatkan perilaku yang tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember 2022/2023. Penelitian dilakukan di TK Arni Jember dengan menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain One Group Pretest Postest Design. Metode pengambilan data yang dipakai yaitu observasi dan dokumentasi. Uji Validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang dan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan spss versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, teknik token economy efektif terhadap peningkatan perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember. Dengan nilai rata rata pretest sebelum diberi treatment memperoleh nilai 8,7 sedangkan nilai posttest setelah diberi treatment selama 5 hari mendapat nilai rata rata 15,0. Hasil uji paired sample t-test pada tingkat kepercayaan 95% atau taraf signifikan 0,05 didapatkan nilai p value sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa p value (0,000) < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Bisa disimpulkan, token economy efektif terhadap perilaku tanggung jawab na usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember. Berdasarkan Penjabaran hasil penelitian saran yang dapat berikan atau disampaikan peneliti yang telah dilakukan ialah tenik token economy sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk merubah perilaku yang tidak diharapkan. Sehingga guru dapat mengaplikasikannya dengan memperhatikan langkah-langkah dalam menerapkan token economy serta memilih token dan hadiah yang tepat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125865
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository