Show simple item record

dc.contributor.authorDAMAYANTI, Zachwa Zettira
dc.date.accessioned2025-03-25T03:01:34Z
dc.date.available2025-03-25T03:01:34Z
dc.date.issued2023-07-07
dc.identifier.nim190210205006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125865
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 25 Maret 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractTanggung jawab seorang anak ialah salah satu untuk membentuk karakter yang harus di bangun, sehingga anak akan terbiasa dengan perilaku tanggung jawab. Pembinaan atau pembiasaan tanggung jawab seorang anak dapat dimulai sejak dini, hal ini dikarena pembiasaan akan menenentukan karakter anak pada saat dewasa. Perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember tergolong rendah. Dapat dilihat ana kurang bertanggung jawab atas dirinya dan barang miliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Bagaimanakah efektivitas penerapan token economy terhadap perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun di TK Arni Jember 2022/2023?” Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menilai keefektivitasan token economy dalam meningkatkan perilaku yang tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember 2022/2023. Penelitian dilakukan di TK Arni Jember dengan menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain One Group Pretest Postest Design. Metode pengambilan data yang dipakai yaitu observasi dan dokumentasi. Uji Validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang dan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan spss versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, teknik token economy efektif terhadap peningkatan perilaku tanggung jawab anak usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember. Dengan nilai rata rata pretest sebelum diberi treatment memperoleh nilai 8,7 sedangkan nilai posttest setelah diberi treatment selama 5 hari mendapat nilai rata rata 15,0. Hasil uji paired sample t-test pada tingkat kepercayaan 95% atau taraf signifikan 0,05 didapatkan nilai p value sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa p value (0,000) < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Bisa disimpulkan, token economy efektif terhadap perilaku tanggung jawab na usia 3-4 tahun kelas A1 di TK Arni Jember. Berdasarkan Penjabaran hasil penelitian saran yang dapat berikan atau disampaikan peneliti yang telah dilakukan ialah tenik token economy sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk merubah perilaku yang tidak diharapkan. Sehingga guru dapat mengaplikasikannya dengan memperhatikan langkah-langkah dalam menerapkan token economy serta memilih token dan hadiah yang tepat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.subjectPerilaku Tanggung Jawaben_US
dc.subjectToken Economyen_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Token Economy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 3-4 Tahun Kelas A1 di TK Arni Jember 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Lailyy Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika,S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_maret_2025_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record