Pengaruh Brand Image dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Angkatan 2020-2023)
Abstract
Industri skincare di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat,
didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan
kulit dan bertambahnya brand skincare lokal maupun internasional di pasaran.
Salah satu brand skincare internasional yang populer dikalangan mahasiswa
adalah brand Skintific, yang dikenal dengan produk-produk inovatif dan efektif,
seperti mugwort acne clay stick, barrier moisture gel dll. Brand image yang positif
dan online customer review yang baik menjadi faktor yang dapat memengaruhi
keputusan pembelian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
brand image, online customer review terhadap keputusan pembelian produk
skincare Skintific pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jember angkatan 2020-2023 secara parsial, dan
untuk mengetahui adanya pengaruh brand image dan online customer review
secara simultan terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific pada
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember angkatan 2020-2023.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan
tujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan online customer review
terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini didasarkan pada data primer yaitu
hasil dari penyebaran kuesioner berupa google form yang telah disebarkan melalui
via WhatsApp. Populasi yang dipilih peneliti menjadi objek penelitian ini adalah
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Angkatan 2020-2023 dengan teknik purposive area. Penelitian ini menggunakan
40 sampel dengan teknik purposive sampling. Kriteria yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2023 yang pernah membeli produk
skincare Skintific minimal 1 kali. Metode analisis yang digunakan pada penelitian
ini ialah analisis regresi linear berganda dan teknik analisis data yang digunakan
uji t, uji F, koefisien determinasi dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh brand image
secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh
online customer review secara parsial dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, serta berdasarkan hasil Rsquare terdapat pengaruh brand image dan
online customer review secara simultan dan signifikan terhadap keputusan
pembelian produk skincare Skintific pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember angkatan 2020-2023 sebesar 64,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti kualitas,
brand ambasador, celebrity endorser dan lainnya yang tidak diteliti dalam
penelitian ini .