Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Cititex Jember
Abstract
Pemasaran memainkan peran yang sangat penting dalam kelangsungan bisnis. Promosi penjualan berfungsi untuk menarik pelanggan baru, memengaruhi minat pelanggan, bersaing dalam kegiatan pesaing, dan menjalin kerja sama dengan rekan kerja seperti pengecer dan distributor. Keputusan pembelian adalah tindakan konsumen yang ingin membeli atau tidak membeli suatu produk dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Cititex Jember. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode non-probability-sampling. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat analisis yaitu IBM SPSS statistic 25. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan promosi penjualan dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen Cititex Jember. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang mungkin belum ada dalam penelitian ini seperti variabel strategi pemasaran dan keragaman produk