Etnomatematika pada Jajanan Khas Jember sebagai Bahan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas V SD
Abstract
Salah satu kebutuhan penting dalam dunia pendidikan yang berkaitan antara 
matematika dan budaya adalah etnomatematika. Proses pembelajaran yang sering 
kali dipakai di sekolah adalah menggunakan metode ceramah, hal itu penyebab 
matematika terlihat membosankan dan tidak menarik sehingga materi yang telah 
disamaikan tidak dapat diterima dengan baik, karena tidak ada timbal balik untuk 
peserta didik berfikir. Oleh karena itu perlu adanya inovasi yang digunakan dalam 
pembelajaran matematika yaitu berbasis kebudayaan, karena matematika dan 
budaya saling berkaitan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 
Salah satu kebudayaan yang dapat kita pakai dalam pembelajaran 
matematika melalui kearifan lokal yaitu jajanan khas Jember. Karena ada 
kemajuan era teknologi seperti saat ini peserta didik cenderung memilih mengenal 
kebudayan baru dari pada mengenal kebudayaan lampau. Tujuan penelitian ini 
adalah untuk mengkaji etnomatematika yang ada pada jajanan khas Jember serta 
menghasilkan produk penelitian berupa bahan lembar kerja peserta didik. 
Penelitian ini dilakukan di tempat produksi jajanan tradisional khas Jember yaitu 
di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah 
penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang 
digunakan adalah metode observasi, wawancara. Observasi dilakukan oleh dua 
orang observer dan wawancara dilakukan kepada satu orang narasumber. Hasil 
validasi lembar observasi serta wawancara kepada pembuat jajanan tersebut dapat 
dikatakan valid. 
Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat unsur matematika 
pada jajanan khas Jember antara lain; unsur geometr yang meliputi unsur bangun 
ruang dan unsur bangun datar, pengukuran, aritmetika sosial. Fokus penelitian ini hanya mengambil konsep matematika berupa unsur geometri 
karena menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik tingkat Sekolah Dasar 
yang belum memahami tentang materi tersebut. Unsur geometri terdapat pada 
bentuk jajanan khas Jember. Hasil penelitian ini akan dikembangkan sebagai 
bahan Lembar Kerja Peseta Didik untuk tingkat Sekolah Dasar. Bahan Lembar 
Kerja Peserta Didik (LKPD) ini mengangkat pokok bahasan volume bangun 
ruang. Soal dan pembahasan tersebut merupakan penerapan dari etnomatematika 
pada jajanan khas Jember. Lembar Kerja Peserta Didik telah dilakukan validasi 
oleh validator dengan hasil validasi 2,6 artinya Lembar Kerja Peserta Didik sudah 
dikatakan valid.
