Etnomatematika pada Jajanan Khas Jember sebagai Bahan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas V SD
Abstract
Salah satu kebutuhan penting dalam dunia pendidikan yang berkaitan antara
matematika dan budaya adalah etnomatematika. Proses pembelajaran yang sering
kali dipakai di sekolah adalah menggunakan metode ceramah, hal itu penyebab
matematika terlihat membosankan dan tidak menarik sehingga materi yang telah
disamaikan tidak dapat diterima dengan baik, karena tidak ada timbal balik untuk
peserta didik berfikir. Oleh karena itu perlu adanya inovasi yang digunakan dalam
pembelajaran matematika yaitu berbasis kebudayaan, karena matematika dan
budaya saling berkaitan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu kebudayaan yang dapat kita pakai dalam pembelajaran
matematika melalui kearifan lokal yaitu jajanan khas Jember. Karena ada
kemajuan era teknologi seperti saat ini peserta didik cenderung memilih mengenal
kebudayan baru dari pada mengenal kebudayaan lampau. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengkaji etnomatematika yang ada pada jajanan khas Jember serta
menghasilkan produk penelitian berupa bahan lembar kerja peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di tempat produksi jajanan tradisional khas Jember yaitu
di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, wawancara. Observasi dilakukan oleh dua
orang observer dan wawancara dilakukan kepada satu orang narasumber. Hasil
validasi lembar observasi serta wawancara kepada pembuat jajanan tersebut dapat
dikatakan valid.
Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat unsur matematika
pada jajanan khas Jember antara lain; unsur geometr yang meliputi unsur bangun
ruang dan unsur bangun datar, pengukuran, aritmetika sosial. Fokus penelitian ini hanya mengambil konsep matematika berupa unsur geometri
karena menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik tingkat Sekolah Dasar
yang belum memahami tentang materi tersebut. Unsur geometri terdapat pada
bentuk jajanan khas Jember. Hasil penelitian ini akan dikembangkan sebagai
bahan Lembar Kerja Peseta Didik untuk tingkat Sekolah Dasar. Bahan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) ini mengangkat pokok bahasan volume bangun
ruang. Soal dan pembahasan tersebut merupakan penerapan dari etnomatematika
pada jajanan khas Jember. Lembar Kerja Peserta Didik telah dilakukan validasi
oleh validator dengan hasil validasi 2,6 artinya Lembar Kerja Peserta Didik sudah
dikatakan valid.