• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika pada Jajanan Khas Jember sebagai Bahan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas V SD

    Thumbnail
    View/Open
    annisa repository.pdf (3.953Mb)
    Date
    2023-03-14
    Author
    RIZQI, Annisa Fathul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu kebutuhan penting dalam dunia pendidikan yang berkaitan antara matematika dan budaya adalah etnomatematika. Proses pembelajaran yang sering kali dipakai di sekolah adalah menggunakan metode ceramah, hal itu penyebab matematika terlihat membosankan dan tidak menarik sehingga materi yang telah disamaikan tidak dapat diterima dengan baik, karena tidak ada timbal balik untuk peserta didik berfikir. Oleh karena itu perlu adanya inovasi yang digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu berbasis kebudayaan, karena matematika dan budaya saling berkaitan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kebudayaan yang dapat kita pakai dalam pembelajaran matematika melalui kearifan lokal yaitu jajanan khas Jember. Karena ada kemajuan era teknologi seperti saat ini peserta didik cenderung memilih mengenal kebudayan baru dari pada mengenal kebudayaan lampau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji etnomatematika yang ada pada jajanan khas Jember serta menghasilkan produk penelitian berupa bahan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini dilakukan di tempat produksi jajanan tradisional khas Jember yaitu di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara. Observasi dilakukan oleh dua orang observer dan wawancara dilakukan kepada satu orang narasumber. Hasil validasi lembar observasi serta wawancara kepada pembuat jajanan tersebut dapat dikatakan valid. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat unsur matematika pada jajanan khas Jember antara lain; unsur geometr yang meliputi unsur bangun ruang dan unsur bangun datar, pengukuran, aritmetika sosial. Fokus penelitian ini hanya mengambil konsep matematika berupa unsur geometri karena menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang belum memahami tentang materi tersebut. Unsur geometri terdapat pada bentuk jajanan khas Jember. Hasil penelitian ini akan dikembangkan sebagai bahan Lembar Kerja Peseta Didik untuk tingkat Sekolah Dasar. Bahan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini mengangkat pokok bahasan volume bangun ruang. Soal dan pembahasan tersebut merupakan penerapan dari etnomatematika pada jajanan khas Jember. Lembar Kerja Peserta Didik telah dilakukan validasi oleh validator dengan hasil validasi 2,6 artinya Lembar Kerja Peserta Didik sudah dikatakan valid.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123999
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository