Show simple item record

dc.contributor.authorRIZQI, Annisa Fathul
dc.date.accessioned2024-08-15T07:20:32Z
dc.date.available2024-08-15T07:20:32Z
dc.date.issued2023-03-14
dc.identifier.nim170210204140en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123999
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractSalah satu kebutuhan penting dalam dunia pendidikan yang berkaitan antara matematika dan budaya adalah etnomatematika. Proses pembelajaran yang sering kali dipakai di sekolah adalah menggunakan metode ceramah, hal itu penyebab matematika terlihat membosankan dan tidak menarik sehingga materi yang telah disamaikan tidak dapat diterima dengan baik, karena tidak ada timbal balik untuk peserta didik berfikir. Oleh karena itu perlu adanya inovasi yang digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu berbasis kebudayaan, karena matematika dan budaya saling berkaitan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kebudayaan yang dapat kita pakai dalam pembelajaran matematika melalui kearifan lokal yaitu jajanan khas Jember. Karena ada kemajuan era teknologi seperti saat ini peserta didik cenderung memilih mengenal kebudayan baru dari pada mengenal kebudayaan lampau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji etnomatematika yang ada pada jajanan khas Jember serta menghasilkan produk penelitian berupa bahan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini dilakukan di tempat produksi jajanan tradisional khas Jember yaitu di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara. Observasi dilakukan oleh dua orang observer dan wawancara dilakukan kepada satu orang narasumber. Hasil validasi lembar observasi serta wawancara kepada pembuat jajanan tersebut dapat dikatakan valid. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat unsur matematika pada jajanan khas Jember antara lain; unsur geometr yang meliputi unsur bangun ruang dan unsur bangun datar, pengukuran, aritmetika sosial. Fokus penelitian ini hanya mengambil konsep matematika berupa unsur geometri karena menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang belum memahami tentang materi tersebut. Unsur geometri terdapat pada bentuk jajanan khas Jember. Hasil penelitian ini akan dikembangkan sebagai bahan Lembar Kerja Peseta Didik untuk tingkat Sekolah Dasar. Bahan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini mengangkat pokok bahasan volume bangun ruang. Soal dan pembahasan tersebut merupakan penerapan dari etnomatematika pada jajanan khas Jember. Lembar Kerja Peserta Didik telah dilakukan validasi oleh validator dengan hasil validasi 2,6 artinya Lembar Kerja Peserta Didik sudah dikatakan valid.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sunardi, M.Pd. Drs. Nuriman Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherfakultas keguruan dan ilmu pendidikanen_US
dc.subjectETNOMATEMATIKAen_US
dc.subjectJAJANAN KHAS JEMBERen_US
dc.subjectLEMBAR KERJA PESERTA DIDIKen_US
dc.titleEtnomatematika pada Jajanan Khas Jember sebagai Bahan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas V SDen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodipendidikan guru sekolah dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sunardi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record