• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Jaring-Jaring Balok dan Kubus pada Siswa Kelas V di Sdn Sumberberas 04 Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    repository nandia.pdf (840.9Kb)
    Date
    2023-10-25
    Author
    CAHYANI, Nandia Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan pembelajaran adalah suatu proses atau metode yang digunakan guru untuk memecahkan masalah. permasalahan dalam kegiatan pembelajaran sehingga konsep dapat diadaptasi. realistik Pendekatan matematika merupakan suatu aktivitas manusia dalam pembelajaran matematika yaitu dihubungkan secara nyata dengan konteks kehidupan siswa sehari-hari terhadap suatu pembelajaran pengalaman yang berorientasi pada hal-hal nyata. Hasil belajar siswa pada dasarnya menggambarkan tingkat keberhasilan seorang siswa dalam suatu hal dalam pembelajaran. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan realistik pendekatan matematika terhadap pendidikan (RME) terhadap hasil belajar. Penelitian Desain yang digunakan adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berupa soal pilihan ganda pada pre-test dan post-test pada kognitif domain. Instrumen penelitian meliputi panduan observasi, panduan wawancara, dokumentasi dan lembar ujian. Pengembangan instrumen tes meliputi tes validitas instrumen, uji reliabilitas, indeks daya pembeda, dan tes indeks tingkat kesulitan instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t tes, dan tes efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendidikan matematika realistik model pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen sebesar 84,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,83. Pembelajaran siswa hasil yang diperoleh di kelas eksperimen dengan menggunakan matematika realistik model pembelajaran pendidikan menunjukkan efektivitas yang lebih besar yaitu 66,69%. Ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model matematika realistik mempunyai pengaruh yang signifikan pengaruh terhadap hasil belajar materi pelajaran kubus, jaring, dan balok di kelas V siswa SD Sumberberas 04 banyuwangi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123608
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15481]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository