Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Jaring-Jaring Balok dan Kubus pada Siswa Kelas V di Sdn Sumberberas 04 Banyuwangi
Abstract
Pendekatan pembelajaran adalah suatu proses atau metode yang digunakan guru untuk memecahkan masalah. permasalahan dalam kegiatan pembelajaran sehingga konsep dapat diadaptasi. realistik
Pendekatan matematika merupakan suatu aktivitas manusia dalam pembelajaran matematika yaitu
dihubungkan secara nyata dengan konteks kehidupan siswa sehari-hari terhadap suatu pembelajaran
pengalaman yang berorientasi pada hal-hal nyata. Hasil belajar siswa pada dasarnya
menggambarkan tingkat keberhasilan seorang siswa dalam suatu hal dalam pembelajaran. Tujuan peneliti
adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan realistik
pendekatan matematika terhadap pendidikan (RME) terhadap hasil belajar. Penelitian
Desain yang digunakan adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes
berupa soal pilihan ganda pada pre-test dan post-test pada kognitif
domain. Instrumen penelitian meliputi panduan observasi, panduan wawancara,
dokumentasi dan lembar ujian. Pengembangan instrumen tes meliputi tes
validitas instrumen, uji reliabilitas, indeks daya pembeda, dan tes
indeks tingkat kesulitan instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t
tes, dan tes efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendidikan matematika realistik
model pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai post-test siswa
kelas eksperimen sebesar 84,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,83. Pembelajaran siswa
hasil yang diperoleh di kelas eksperimen dengan menggunakan matematika realistik
model pembelajaran pendidikan menunjukkan efektivitas yang lebih besar yaitu 66,69%. Ini
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model matematika realistik mempunyai pengaruh yang signifikan
pengaruh terhadap hasil belajar materi pelajaran kubus, jaring, dan balok di kelas V
siswa SD Sumberberas 04 banyuwangi.