Show simple item record

dc.contributor.authorCAHYANI, Nandia Nur
dc.date.accessioned2024-08-12T07:32:32Z
dc.date.available2024-08-12T07:32:32Z
dc.date.issued2023-10-25
dc.identifier.nim190210204064en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123608
dc.description.abstractPendekatan pembelajaran adalah suatu proses atau metode yang digunakan guru untuk memecahkan masalah. permasalahan dalam kegiatan pembelajaran sehingga konsep dapat diadaptasi. realistik Pendekatan matematika merupakan suatu aktivitas manusia dalam pembelajaran matematika yaitu dihubungkan secara nyata dengan konteks kehidupan siswa sehari-hari terhadap suatu pembelajaran pengalaman yang berorientasi pada hal-hal nyata. Hasil belajar siswa pada dasarnya menggambarkan tingkat keberhasilan seorang siswa dalam suatu hal dalam pembelajaran. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan realistik pendekatan matematika terhadap pendidikan (RME) terhadap hasil belajar. Penelitian Desain yang digunakan adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berupa soal pilihan ganda pada pre-test dan post-test pada kognitif domain. Instrumen penelitian meliputi panduan observasi, panduan wawancara, dokumentasi dan lembar ujian. Pengembangan instrumen tes meliputi tes validitas instrumen, uji reliabilitas, indeks daya pembeda, dan tes indeks tingkat kesulitan instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t tes, dan tes efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendidikan matematika realistik model pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen sebesar 84,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,83. Pembelajaran siswa hasil yang diperoleh di kelas eksperimen dengan menggunakan matematika realistik model pembelajaran pendidikan menunjukkan efektivitas yang lebih besar yaitu 66,69%. Ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model matematika realistik mempunyai pengaruh yang signifikan pengaruh terhadap hasil belajar materi pelajaran kubus, jaring, dan balok di kelas V siswa SD Sumberberas 04 banyuwangi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematika Realistis (RME)en_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Jaring-Jaring Balok dan Kubus pada Siswa Kelas V di Sdn Sumberberas 04 Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr.M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr.Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record