• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Siswa Kelas 9 SMPN 12 Jember dalam Menulis Cerita Pendek

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Repository_Lintang Putri Pratiwi.pdf (881.5Kb)
    Date
    2024-07-22
    Author
    PRATIWI, Lintang Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran, perasaan, bahkan pengalaman dalam bahasa tulis yang mudah dipahami. Salah satu kegiatan menulis dalam tingkat SMP kelas 9 adalah menulis teks cerpen. Setiap menuliskan teks cerpen siswa perlu memperhatikan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun yang terdapat dalam cerpen. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menuliskan teks cerpen. Penelitian ini berlokasi di SMPN 12 Jember dengan menggunakan jenis dan rancangan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi dokumen. Studi dokumen atau teks merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah teks cerpen yang ditulis oleh siswa kelas 9 SMPN 12 Jember berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun cerpen. Berdasarkan wujud data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan studi data dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Model ini menggunakan beberapa tahap (1) tahap pengumpulan data; (2) melalukan cek plagiarism teks karya siswa kelas 9 SMPN 12 Jember untuk memastikan bahwa karya tersebut orisinil milik siswa; (3) membaca dengan cermat secara keseluruhan teks cerpen yang ditulis oleh siswa; (4) data-data yang diperoleh dikelompokan dan dianalisis berdasarkan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun cerpen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa siswa kelas 9 SMPN 12 Jember cukup mampu (CM) hingga mampu (M) dalam menuliskan teks cerpen berdasarkan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun yang terdapat dalam cerpen. Penelian ini dapat dikaji dari sisi lain atau sebagai bahan bacaan untuk penelitian selanjutnya. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan diskusi mahasiswa saat melaksanakan praktik mengajar dalam matakuliah kkplp. Saran bagi para guru, dapat menjadikan penelitian ini sebagai pertimbangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya cerita pendek. Penelitian ini dapat pula menjadi referensi mengajar cerpen untuk para guru SMP dan SMA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123600
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository