Show simple item record

dc.contributor.authorPRATIWI, Lintang Putri
dc.date.accessioned2024-08-12T07:25:59Z
dc.date.available2024-08-12T07:25:59Z
dc.date.issued2024-07-22
dc.identifier.nim170210402072en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123600
dc.description.abstractMenulis merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran, perasaan, bahkan pengalaman dalam bahasa tulis yang mudah dipahami. Salah satu kegiatan menulis dalam tingkat SMP kelas 9 adalah menulis teks cerpen. Setiap menuliskan teks cerpen siswa perlu memperhatikan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun yang terdapat dalam cerpen. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menuliskan teks cerpen. Penelitian ini berlokasi di SMPN 12 Jember dengan menggunakan jenis dan rancangan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi dokumen. Studi dokumen atau teks merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah teks cerpen yang ditulis oleh siswa kelas 9 SMPN 12 Jember berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun cerpen. Berdasarkan wujud data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan studi data dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Model ini menggunakan beberapa tahap (1) tahap pengumpulan data; (2) melalukan cek plagiarism teks karya siswa kelas 9 SMPN 12 Jember untuk memastikan bahwa karya tersebut orisinil milik siswa; (3) membaca dengan cermat secara keseluruhan teks cerpen yang ditulis oleh siswa; (4) data-data yang diperoleh dikelompokan dan dianalisis berdasarkan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun cerpen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa siswa kelas 9 SMPN 12 Jember cukup mampu (CM) hingga mampu (M) dalam menuliskan teks cerpen berdasarkan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun yang terdapat dalam cerpen. Penelian ini dapat dikaji dari sisi lain atau sebagai bahan bacaan untuk penelitian selanjutnya. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan diskusi mahasiswa saat melaksanakan praktik mengajar dalam matakuliah kkplp. Saran bagi para guru, dapat menjadikan penelitian ini sebagai pertimbangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya cerita pendek. Penelitian ini dapat pula menjadi referensi mengajar cerpen untuk para guru SMP dan SMA.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Arju Mutiah, M.Pd. Pembimbing Anggota Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN SISWAen_US
dc.subjectMENULIS CERITA PENDEKen_US
dc.titleKemampuan Siswa Kelas 9 SMPN 12 Jember dalam Menulis Cerita Pendeken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Mutiah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 9 Agustus 2024en_US
dc.identifier.finalizationtaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record