Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember
Abstract
Dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik aparatur pemerintah tidak
hanya sekedar melayani masyarakat saja, namun mereka harus memiliki sikap
tanggung jawab, ramah, antusias, terbuka, reponsif dan mudah dilaksanakan serta
tidak adanya diskriminatif dalam melakukan pelayan. Sebagai pemberi pelayanan
aparatur pemerintah dituntut untuk menciptakan kualitas pelayanan yang baik.
Kualitas pelayanan yang baik akan mendorong dan meningkatkan kesejahteraan
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Dispendukcapil Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan variabel kualitas pelayanan dan kepuasan
masyarakat untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang telah menerima
pelayanan dari penyedia layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Jember. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling (accidental sampling) yaitu siapa saja yang secara kebetulan
ditemui cocok sebagai sumber data. Jumlah responden yang diperoleh sebanyak
130 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.
Teknik analisis data pada penelitian ini Analisis Regresi Linier Sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
siginifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Nilai koefisien regresi yang bernilai positif
mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan, maka kepuasan
masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember
akan mengalami peningkatan.